Biaya Perbaikan TV LED Tidak Ada Gambar Terbaru 2024 Lengkap!

Biminasoft.com – Televisi yang berjalan secara tidak normal memang sangat mengganggu karena pengguna tidak dapat menonton acara yang mereka inginkan dengan nyaman dan lancar.

Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui penyebab, cara, dan biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar agar bisa memperbaikinya lebih awal.

Penyebab dan Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Gambar

Hal pertama yang harus pengguna ketahui jika terjadi masalah pada alat elektronik di rumah mereka adalah penyebab dan cara memperbaikinya.

Dengan mengetahui penyebab-penyebab tersebut, tentu akan lebih cepat dalam menentukan solusi secara tepatnya. Berikut informasi mengenai hal itu!

1. Kerusakan Pada Modul T-Con

biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar

Penyebab pertama TV tidak ada gambar karena terjadi kerusakan pada modul T-Con. Ini merupakan sebuah modul yang berfungsi untuk menyalurkan tegangan ke panel LED.

Jika terjadi masalah di bagian tersebut, tentu panel tidak akan berjalan secara normal sehingga layar menjadi hitam seutuhnya.

  • Pertama, memastikan tegangan power supply normal.
  • Kemudian, lakukan pengecekan tegangan output driver LED.
  • Setelah itu, jika tegangan menunjuk angka nol, ganti IC driver.
  • Selanjutnya, pastikan jika panel mati bukan karena konektor longgar.

Biasanya, kerusakan tersebut sering terjadi karena TV digunakan terlalu lama melebihi batas wajar yang memang telah ditentukan oleh sistem. Ini membuat TV kehilangan dayanya dalam menayangkan tontonan yang diinginkan.

Tidak hanya itu saja, jika modul ini rusak, kemungkinan besar akan merambat ke IC utama, transistor, hingga fuse. Oleh sebab itu, lakukan perbaikan secepat mungkin.

2. Lampu Backlight Tidak Menyala

Biaya Perbaikan TV LED Tidak Ada Gambar

Penyebab selanjutnya yang membuat TV tidak muncul gambar adalah karena lampu backlight yang tidak menyala.

Perangkat ini merupakan aspek yang penting sebab letaknya berada di belakang lapisan panel LCD atau layar TV. Rangkaiannya sendiri seri sehingga berperan sangat penting pada TV.

  • Pertama, mengukur masing-masing backlight.
  • Lalu, pastikan probe merah ke arah + dan hitam ke –.
  • Setelah itu, ganti lampu backlight secara keseluruhan.
  • Kemudian, pastikan lampu yang diganti memiliki tegangan volt sama.

Jika TV tiba-tiba mati, kemungkinan besar akan menyebabkan TV LED tidak muncul gambarnya.

Meskipun muncul, namun semuanya terlihat gelap karena tidak ada lampu backlight yang berfungsi sebagai penerangnya. Oleh sebab itu, penting untuk mendeteksi hal satu ini.

3. Panel atau Layar Mengalami Kerusakan

biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar

Panel atau layar memang menjadi perantara yang akan menampilkan gambar pada TV. Jika terjadi kerusakan pada bagian tersebut, tentu televisi bisa mengalami kendala dalam memberikan gambar normal kepada para penggunanya. Namun, ada kalanya TV bisa memunculkan gambar tapi tidak ada suaranya.

Baca Juga:

Adapun penyebab mengapa TV LED ini tidak memunculkan gambar maupun suara karena layar yang mengalami kerusakan sehingga IC COF terbakar atau flexible panel putus.

Jika hal ini terjadi, Anda harus menyiapkan dana lebih sebab biaya perbaikan TV tidak ada gambar cukup mahal dan memakan waktu.

4. Terjadi Masalah Pada Kabel

Penyebab selanjutnya dari TV tidak muncul gambar yakni karena terjadi masalah pada kabel. Kabel yang rusak akan membuat TV LED kehilangan gambarnya.

Namun, beda halnya jika TV mendapatkan sinyal dari sumber eksternal, seperti pemutar DVD, dan lainnya, maka TV tidak akan memunculkan gambar tapi ada suaranya.

Jika hal ini terjadi pada TV Anda, mungkin kerusakan memang ada pada kabel yang menyambungkan sinyal ke TV tersebut.

Karena kabel ini berfungsi untuk mendapatkan jaringan yang cukup agar tv bisa menampilkan gambar yang hendak ditayangkan. Sedangkan cara mengatasinya yakni dengan mengganti kabel.

5. Terjadi Kerusakan Pada Software

Penyebab tv tidak bisa menampilkan gambar secara normal salah satunya karena terjadi kerusakan pada software atau perangkat lunak.

TV sendiri sudah dilengkapi dengan beberapa software untuk mendukung penggunaannya, ini dapat ditemukan pada penggunaan TV pintar atau LED.

Meskipun sudah dilengkapi dengan berbagai kecanggihan yang bisa mempermudah penggunanya dalam mengoperasikan dan mengakses berbagai jenis channel, namun TV pintar juga memiliki kelemahan.

Jika terjadi kerusakan pada perangkat lunak, gambar yang biasanya dimunculkan menjadi tidak muncul dan hanya suaranya saja yang terdengar.

6. Terjadi Gangguan Pada Sinyal

biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar

TV LED biasanya memang menggunakan sinyal untuk bisa mengakses channel yang diinginkan. Jika terjadi gangguan pada jaringan, kemungkinan besar akan ada kendala dalam menampilkan gambar secara normal seperti biasanya. Ini juga membuat pengguna mengalami kesulitan dalam hal akses.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk melakukan restart pada jaringan yang Anda gunakan. Selain itu, pengguna juga bisa memperbaiki antena yang digunakan atau jika tidak tahu cara memperbaikinya sendiri, dapat memanggil tenaga ahli karena mereka pastinya sudah paham mengenai hal ini.

7. Kerusakan IC Gamma AS-15

Penyebab TV LED tidak ada gambarnya selanjutnya yakni karena terjadi kerusakan pada IC Gamma AS-15.

Ini merupakan sebuah perangkat yang letaknya berada di dekat T-Con. Kerusakan tersebut bisa menyebabkan TV tidak menampilkan gambar dengan baik, sehingga terlihat buram dan tidak fokus.

Tentu hal ini akan sangat mengganggu bagi pengguna apalagi jika sedang ingin menonton acara tv kesukaan.

Untuk memperbaikinya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu biaya service TV LED tidak ada gambar tapi ada suara agar bisa mempersiapkan budget yang sesuai dengan kebutuhan.

8. Melalui Pengaturan

Biasanya, TV LED memiliki banyak fitur canggih yang siap membantu para penggunanya dalam mengoperasikan berbagai hal yang mereka inginkan.

Semua itu bisa diakses dengan mudah melalui pengaturan. Terkadang menu ini juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kendala gambar di TV.

Oleh karena itu, lakukan pengecekan pada pengaturan TV LED Anda, sebagai berikut:

  • Ambil remote Anda.
  • Kemudian, klik menu.
  • Pilihlah bagian gambar.
  • Setelah itu, periksa semua pengaturan apakah sesuai atau tidak.
  • Langkah terakhir, klik save untuk menyimpan perubahan pengaturan.

9. Membawa ke Teknisi

biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar

Jika semua penyebab sudah Anda identifikasikan dan beberapa cara diterapkan dengan berurutan namun tidak membuahkan hasil sedikitpun, mungkin langkah terakhir yang paling tepat untuk memperbaikinya adalah dengan membawa TV LED ke ahlinya atau teknisi.

Mereka akan membantu mengidentifikasikan masalah yang sedang TV LED alami dan menemukan solusi dalam memperbaikinya.

Ini akan lebih baik jika alat elektronik Anda masih memiliki garansi, karena tidak perlu membayar biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar terlalu mahal nantinya.

Biaya Perbaikan TV LED Tidak Ada Gambar

Setelah mengetahui penyebab dan cara memperbaiki TV LED tidak ada gambar di atas, Anda juga perlu tahu mengenai biaya yang harus dibayar untuk perbaikannya.

Perlu diingat, jika biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar pastinya berbeda-beda sesuai dengan masalah yang TV alami dan bagaimana perbaikannya.

Selain itu, biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar pada saat ini bergantung pada ukuran panel dan juga merk TV yang Anda gunakan.

Semakin besar ukurannya, maka biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar tahun 2024 pun semakin mahal. Berikut ini informasi mengenai gambaran biayanya:

  • Biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar dengan ukuran 32 inch yakni sekitar Rp200.000 – Rp250.000.
  • Biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar dengan ukuran 42 inch yakni sekitar Rp250.000 – Rp300.000.
  • Sedangkan biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar dengan ukuran di atas 42 inch yakni sekitar RP300.000 lebih.
  • Jika hanya mengecek layarnya saja, Anda hanya perlu membayar biaya sekitar Rp50.000 – Rp 85.000 saja.

Cara Merawat TV LED

biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar

Dari beberapa informasi di atas, Anda juga perlu mengetahui tentang bagaimana cara merawat TV LED untuk meminimalisir terjadinya kerusakan di kemudian hari.

Ini juga dapat membantu memperpanjang jangka penggunaan TV, jadi tidak perlu melakukan perbaikan setiap waktu.

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk merawat TV LED yakni dengan memperhatikan letaknya. Letakkanlah TV di ruangan dengan suhu normal guna mendapatkan kualitas gambar yang baik.

Selain itu, hindari meletakkan TV di tempat yang lembab untuk menghindari kerusakan komponen-komponennya.

Kedua, membersihkan TV LED secara berkala. Hal ini tidak hanya membuat tampilan TV tetap bersih namun menghindari adanya kotoran maupun debu menempel yang menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen TV. Untuk membersihkannya, gunakanlah alat khusus agar tidak menimbulkan efek samping.

Itu tadi informasi berkaitan dengan penyebab, cara, dan biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar yang bisa Anda jadikan sebagai patokan dalam mengetahui alasan mengapa terjadi kerusakan tersebut. Jadi, sekarang tidak perlu lagi bingung mengatasinya.

Tinggalkan komentar