8 Cara Burning CD Windows 11 (Panduan Lengkap)

Biminasoft.com – CD memang sudah tidak terlalu populer sekarang ini dan bisa untuk melakukan penyimpanan eksternal. Pada CD kamu bisa menyimpan data, musik, foto hingga film dan prosesnya perlu di burning terlebih dahulu.

Cara burning CD Windows 11 cukup mudah dan terbilang praktis untuk menyimpan berbagai data. Ketika sudah di burning maka data ini terbilang aman dan ketika akan membuka tinggal di buka di PC atau laptop.

Proses burning ini berbeda dengan di flashdisk dimana tidak asal save begitu saja. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan agar semua data tersimpan dengan baik dan bisa dibuka lagi di laptop.

Cara Burning CD Windows 11

Cara Burning CD Windows Terbaru

Untuk proses burning CD bisa dilakukan di Windows dengan mengikut beberapa tutorial berikut:

Pertama, Bagaimana Cara Kerja CD?

Sebelum melakukan prosess burning, kamu perlu mengetahui cara kerja dari CD ini. CD ini memiliki dua cara kerja dimana untuk pilihan pertama pengguna bisa mengedit, menghapus data kapanpun. Sedangkan pilihan kedua, beberapa CD tidak bisa melakukan edit atau hapus data.

Memasukkan CD Kosong ke Laptop

Sebelum dimasukkan ke perangkat, pastikan terlebih dahulu CD tidak berisi file apapun atau kosong. Jika masih ada isinya maka kosong terlebih dahulu lalu masukkan CD drive DVD pada laptop.

Membuka Windows Explorer

Untuk masuk ke Windows Explorer bisa dengan membuka file yang ada di simpan pada CS. selain itu, kamu juga bisa dengan menekan tombol Windows + E pada keyboard PC atau laptop.

Pilih Tempat Penyimpanan

Untuk proses selanjutnya kamu bisa dengan membuat folder terlebih dahulu di laptop. Kemudian kamu bisa masukkan saja file-file yang akan dimasukkan ke dalam CD tersebut.

Dalam memasukkan file pada CD, kamu perlu mengetahui kapasitas maksimal dari perangkat ini. Umumnya CD hanya bisa memuat file-file baik video, gambar atau film sebanyak 700MB.

Klik Share

Untuk proses selanjutnya bisa dengan mengklik icon share yang ada di pojok kiri pada jendela laptop. Dari klik menu ini nantinya akan memunculkan toolbar yang ada di bagian atas jendela.

Klik Burn to Disk

Untuk proses selanjutnya bisa dengan mengklik burn to disk yang ada di bagian kotak send. Dengan mengklik bagian ini nantinya akan muncul jendela baru lagi untuk proses selanjutnya.

Klik Burn

Dari proses di atas, kamu tinggal klik burn saja yang posisinya ada di bagian bawah jendela. Dengan proses ini maka semua data yang kamu masukkan ke dalam folder akan di burning secara keseluruhan.

Untuk proses burn ini umumnya akan berlangsung cukup lama baik di PC atau laptop. Hal ini bergantung ukuran dan jumlah berkas yang kamu burn di perangkat tersebut. Selain itu faktor lainnya adalah tergantung spek perangkat dan semakin tinggi spesifikasinya maka proses ini akan semakin cepat.

Klik Finish

Ketika prosesnya selesai maka kamu tinggal klik finish atau close untuk keluar dari laman tersebut. Hingga tahap ini maka proses burn sudah selesai dan file yang kamu miliki sudah ada di CD.

Baca Juga: 3 Cara Disable Driver Signature Windows 11, Dijamin Berhasil!

Jadi cara burning CD Windows 11 cukup dengan melakukan langkah-langkah di atas. Jika laptop atau PC tidak ada drive DVD maka bisa menggunakan yang eksternal dengan membeli di berbagai marketplace. Lama burning CD tergantung banyaknya file dan spesifikasi laptop atau PC yang digunakan.

Tinggalkan komentar