Cara Cek Garansi Laptop Asus dan Pengajuannya Tanpa Ribet

Biminasoft.com – Mengetahui teknis cek garansi dan pengajuannya merupakan hal yang wajib dilakukan ketika membeli gadget, termasuk bagi para pengguna laptop Asus. Karena ini akan berguna saat perangkat mengalami masalah akibat kesalahan produksi atau lainnya. Bagi yang belum tahu, berikut ada informasi terkait cara cek garansi laptop asus beserta petunjuk pengajuannya. Jadi baca dengan seksama! Agar tidak bingung saat memerlukannya suatu saat nanti, sebagai berikut:

Hal yang Diperlukan untuk Mengecek Garansi Laptop

Sebelum mengecek garansi laptop, maka ada dua hal yang wajib diperhatikan pengguna, yakni tanggal pembelian dan serial number. Gambaran lebih jelas mengenai hal ini, telah diterangkan pada uraian berikut.

Cara Cek Garansi Laptop Asus

1. Tanggal Pembelian Laptop

Tanggal pembelian menjadi bagian penting dalam cara cek garansi laptop Asus yang pertama harus diperhatikan pengguna. Lantaran, tanggal pembelian laptop akan sangat berhubungan dengan masa garansi. Biasanya, garansi laptop berkisar dari satu tahun hingga dua tahun, terhitung sejak awal pembelian. Apabila, pengguna membeli laptop bekas, maka perlu juga mengetahui kapan pembelian laptop dari pengguna asal.

2. Serial Number

Selain tanggal pembelian, pengguna juga wajib mengetahui serial number. Ini dapat dilihat dengan dua cara, yakni melalui manual dan CMD, dengan penjabaran berikut:

a. Pengecekan Manual

Hal paling mudah untuk mengecek serial number bisa dari kardus atau melihat pada bagian bawah laptop. Biasanya untuk bagian bawah laptop, nomor seri akan terletak pada stiker yang tertempel.

Di dalamnya juga terdapat tulisan warranty dan jika ada kode 12M itu berarti satu tahun, atau bisa juga 24M yang berarti dua tahun. Cara ini memang sederhana tapi sangat penting, akurat, dan dibutuhkan jika laptop mengalami kerusakan yang tidak diinginkan.

b. Pemeriksaan Via CMD

Pengguna dapat mengetikan CMD di kolom pencarian pada laptop, lalu akan muncul CMD dan klik. Setelah laman CMD terbuka, pengguna tinggal mengetikkan wmic bios get serial number. Kemudian pencet saja tombol Enter. Baru setelah itu akan muncul serial number laptop Asus yang dimiliki.

Baca Juga: 3 Cara Menerapkan Private Number Telkomsel Paling Aman

Uraian Cara Cek Garansi Laptop Asus Online Mudah

Setelah memahami tanggal pembelian dan serial number maka pengguna siap menjalankan cara cek garansi laptop Asus ini. Untuk mengecek secara online, pengguna diharuskan masuk pada situs resmi yang dimiliki Asus. Ini bisa dicari pada laman pencarian Google.

Jika sudah berhasil masuk, akan muncul sebuah laman. Pengguna akan diperintah untuk memasukan serial numbernya dan mencentang di kolom bawahnya. Terakhir, pengguna tinggal menekan kirim, dan akan muncul berbagai informasi status garansi, masa berlaku garansi, dan kapan berakhirnya garansi.

Teknis Pengajuan Garansi Laptop dan Perfect Warranty

Apabila laptop pengguna mengalami kerusakan, maka bisa melakukan pengajuan garansi resmi. Asalkan kerusakan yang terjadi tersebut memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam sistem garansi. Semisal kerusakan harus berasal dari kesalahan produksi dan bukan akibat kelalaian pengguna, dan sebagainya. Lalu bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Siapkan Alat Pengajuan

Pertama yang wajib dilakukan oleh pengguna ialah menyiapkan semua keperluan pengajuan garansi. Yakni yang paling utama ialah perangkat laptop Asus yang mengalami kerusakan disertai dengan nota pembelian yang sah. Selain itu, juga perlu melampirkan kartu garansi yang biasanya ada pada dus book. Tanpa hal ini, maka pengajuan akan sulit untuk diproses lebih lanjut.

2. Datangi Gerai Resmi

Kemudian setelah memastikan persyaratan pengajuan garansinya lengkap, maka segera saja kunjungi gerai Asus resmi terdekat. Lalu, jelaskan pada Customer Service mengenai kendala yang dihadapi pada perangkat laptop Asus tersebut. Bila pengajuan berhasil tervalidasi, maka otomatis pengguna akan mendapatkan layanan Perfect Warranty yang memungkinkan perbaikan tanpa adanya biaya tambahan yang dibebankan!

Demikian ulasan tentang cara cek garansi laptop Asus dan cara mengklaimnya tanpa ribet. Tentunya hal tersebut sangat mudah untuk dijalankan. Asalkan laptop Asus pengguna benar-benar memenuhi syarat serta ketentuan yang ditetapkan dalam kebijakan!

Tinggalkan komentar