Cara Cek Masa Aktif Voucher Telkomsel dengan Mudah

Biminasoft.com – Sering menggunakan voucher Telkomsel? Perlu diperhatikan bahwa voucher operator mempunyai masa aktif. Oleh karena itu pengguna perlu mengetahui bagaimana langkah cara cek masa aktif voucher Telkomsel agar tetap bisa menggunakan voucher tersebut. Dengan begitu pengguna juga bisa membeli voucher dalam jumlah banyak tanpa khawatir dengan masa berlakunya.

Cara Cek Masa Aktif Voucher Telkomsel dengan Mudah

Berikut ini adalah cara cek masa aktif voucher Telkomsel.

1. Siapkan Voucher

Tentu yang perlu dipersiapkan untuk mengecek masa aktif voucher adalah memiliki voucher tersebut. Pengguna perlu membeli voucher yang akan dicek masa aktifnya. Penjual di toko operator seluler tidak memperbolehkan pengguna untuk mengecek masa aktif voucher kecuali jika pengguna sudah membelinya. Belilah voucher telkomsel sesuai dengan kebutuhan.

Apabila sudah membeli voucher, pastikan voucher tersebut memiliki bagian yang tertutup lapisan silver. Pembeli bisa mengembalikan voucher tersebut ke toko jika lapisan tersebut rusak saat dibeli. Pada bagian berhologram silver, bisa ditemukan nomor seri voucher. Nomor seri ini digunakan untuk mengaktifkan voucher. Maka, jika lapisan hologram silver terbuka, nomor seri bisa saja sudah terpakai.

2. Masuk ke Menu Dial Number

Langkah kedua pada cara cek masa aktif voucher Telkomsel adalah dengan membuka lapisan hologram di voucher. Lapisan ini berguna untuk menutup nomor seri pada voucher. Pengguna bisa menggunakan koin atau penggaris untuk menggosok lapisan ini sehingga nomor seri dapat terlihat. Pastikan untuk tidak merusak nomor seri yang berjumlah 16 karakter.

Jika nomor seri sudah terlihat lengkap 16 karakter, pengguna perlu mempersiapkan perangkat yang akan digunakan. Perangkat ini harus sudah memiliki nomor yang sudah terdaftar aktif di dalamnya. Operator seluler yang digunakan pun juga harus sesuai dengan voucher yang akan dicek. Gunakan perangkat bernomor Telkomsel untuk cek voucher Telkomsel. Kemudian, buka menu Dial Number.

3. Masukkan Kode

Pada menu Dial Number, masukkan kode UMB diikuti dengan kode voucher di belakangnya. Tuliskan *132* (kode voucher tanpa 3 digit terakhir)# lalu tekan OK atau tombol hijau yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan. Contohnya, jika nomor seri voucher adalah 9021 3817 6885 3231 maka tuliskan seperti berikut *132*9021381768853#.

Perhatikan bahwa nomor seri yang dimasukkan hanyalah 13 digit tanpa 3 digit terakhir. Jika pengguna memasukkan seluruh nomor seri tentu pengecekan tidak akan berhasil. Sebab nomor seri utuh hanya dimasukkan saat akan mengaktifkan kode voucher tersebut. Untuk mengaktifkannya pun juga memerlukan kode UMB yang berbeda dengan kode UMB untuk melakukan cek masa aktif.

4. Tunggu Proses

Setelah pengguna menekan OK/Enter/tombol dial up, pengguna harus menunggu beberapa saat. Kode UMB dan nomor seri akan dicek terlebih dahulu selama beberapa menit. Proses ini biasanya tidak memakan waktu yang lama. Sebagai informasi tambahan, karena pengecekan ini menggunakan menu panggilan maka koneksi internet perangkat tidak mempengaruhi cepat atau lambat proses.

Beberapa ponsel akan segera menutup layar tampilan Dial Up saat memproses informasi masa aktif. Pada saat itu layar tampilan akan kembali ke beranda perangkat. Namun, ada juga beberapa ponsel lain yang layarnya menampilkan proses loading dengan layar beranda belakangnya. Meskipun demikian, semua ponsel akan menampilkan kotak dialog untuk memperlihatkan hasilnya.

5. Dapatkan Tampilan Laporan

Apabila perangkat pengguna tidak menampilkan apapun, cukup tunggu beberapa saat dan jangan langsung mengulangi langkah sebelumnya. Setelah loading berakhir, layar tampilan akan mengarah pada kotak dialog yang baru. Tampilan laporan ini akan berisi beberapa informasi. Antara lain seperti jenis voucher, jumlah paket data atau pulsa pada voucher, dan masa aktif yang berlaku.

Penting untuk digaris bawahi bahwa pengecekan kode voucher tidaklah sama dengan pengaktifan voucher tersebut. Maka, jika masa aktif voucher sudah dekat, pengguna bisa segera mengaktifkannya dengan memasukkan kode UMB pengaktifan serta 16 digit kode voucher. Selain itu, masa aktif voucher juga berbeda dengan masa aktif paket data atau pulsa di dalamnya.

Baca Juga: 4 Cara Cek Paket Nelpon Kartu As Terbaru 2024

Cukup mudah, bukan? Semoga langkah cara cek masa aktif voucher Telkomsel di atas bisa membantu. Jangan lupa untuk melakukan cek masa aktif voucher untuk penggunaan yang efektif. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar