Cara Ganti Password Wifi TP Link Dijamin Mudah

Biminasoft.com – Meskipun sudah umum, masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara mengganti password WiFi pada perangkat ini. Hal ini penting karena mengganti password secara berkala dapat meningkatkan keamanan jaringan.

Proses mengganti password WiFi TP Link sebenarnya cukup sederhana dan tidak memerlukan keterampilan teknis yang tinggi. Beberapa langkah mudah perlu diikuti untuk memastikan jaringan WiFi tetap aman dari akses tidak diinginkan.

Cara Ganti Password Wifi TP Link Dijamin Mudah dan Berhasil

Penjelasan lebih lanjut mengenai langkah-langkah tersebut akan dijelaskan secara rinci pada bagian selanjutnya.

1. Pastikan Perangkat Terhubung dengan Wifi

Langkah pertama adalah memastikan perangkat terhubung atau tersambung dengan Wifi. Untuk itu, perlu terlebih dahulu menyambungkan perangkat ke koneksi internet. Proses penyambungannya dapat melalui login SSID dan password wifi yang digunakan. Hal ini pada umumnya sama dengan proses menyambungkan wifi yang sudah diketahui sebagian besar orang.

Sebenarnya ada cara lain yang bisa dicoba yaitu menghubungkan ke wifi memakai koneksi kabel LAN. Sayangnya, cara ini hanya dapat dilakukan di Laptop atau PC. Pengguna tidak dapat menghubungkan ke perangkat HP, karena tidak bisa sesuai dengan sistemnya. Untuk itu, pastikan memilih cara sesuai dengan perangkat yang dimiliki.

2. Buka Alamat IP TP-Link di Aplikasi Searching

Langkah selanjutnya untuk cara ganti password wifi di TP Link adalah mengetikkan alamat IP di aplikasi searching lalu membukanya. Untuk mengetahui alamat IP ini, pengguna dapat melihatnya di bagian belakang tubuh router. Disana akan diperlihatkan nomor dari alamat IP yang bersangkutan. Untuk itu, pengguna tidak perlu khawatir apabila lupa IP Address ini.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah bahwa cara ini harus dilakukan dalam mode desktop. Artinya, saat pengguna menggunakan HP maka tampilannya harus diubah terlebih dahulu ke tampilan desktop. Adapun aplikasi searching yang digunakan beragam, mulai dari Google Chrome, Mozilla (di laptop), Browser, dan lainnya.

3. Lakukan Login

Berikutnya adalah menuju tampilan login di halaman awal alamat IP yang sudah dibuka tadi. Proses ini sebenarnya tidak memakan waktu yang lama apabila pengguna mengetahui username dan password atau sandi yang bersangkutan. Data login yang digunakan pada umumnya ada 2, diantaranya: admin dan user.

4. Pilih Menu Wireless

Saat pengguna berhasil login, akan muncul tampilan awal dari IP Address yang menampilkan berbagai pilihan menu. Untuk melanjutkan ke proses berikutnya atau yang dituju, pengguna cukup mengklik pilihan menu Wireless. Kemudian akan muncul beberapa opsi lanjutan untuk mengganti sandi dari wifi.

5. Cari Opsi Wireless Security

Cara ganti password wifi TP Link ini terbilang cukup mudah. Dimana langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengklik opsi Wireless Security. Dari sini, pengguna akan dilanjutkan ke opsi untuk mengubah sandi wifi hanya dengan sekali klik. Umumnya langkah ini dapat dilakukan dengan praktis dan cepat.

6. Ubah Password

Langkah ini menjadi hal yang penting dalam proses penggantian password. Pengguna akan diminta untuk mengubah sandi lama dengan sandi baru. Umumnya dalam penentuannya diberikan kebebasan untuk memilih karakter huruf, angka, atau kombinasi keduanya. Perlu diketahui bahwa, password yang dimasukkan minimal 8 karakter.

7. Klik Apply

Cara ini menjadi langkah terakhir yang harus dilakukan oleh pengguna. Setelah memasukkan password baru sesuai yang diinginkan, pengguna dapat mengklik Apply yang terletak di bagian tengah bawah. Dengan menekan Apply, maka sistem akan mengubah password wifi secara otomatis. Silahkan tunggu beberapa saat hingga password baru ter-update.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Jaringan Lemot Indosat Terbaru 2024

Sekian pembahasan mengenai cara ganti password wifi TP Link yang sudah dibahas sebelumnya. Cara yang sudah dijelaskan di atas, memang terlihat mudah. Hanya saja, bagi pemula yang belum pernah sama sekali, cara ini patut untuk dipahami kembali. Tujuannya agar tidak terjadi kebingungan atau bahkan kesalahan dalam melakukan penggantian sandi wifi.

Tinggalkan komentar