3 Cara Install NET Framework Tanpa Ribet

Peran NET Framework, sangat penting dalam sebuah PC atau laptop. NET Framework berperan dalam penerjemahan dan pengeksekusian bahasa pemrograman, khususnya di dalam game atau aplikasi Windows lainnya. Artikel ini akan mengulas cara install NET Framework yang mudah serta praktis dijalankan.

Opsi yang bisa dilakukan dalam menginstall NET Framework ada 3, yakni install manual, memakai installer Windows, serta memakai Windows Update.

Cara Install NET Framework

3 Cara Install NET Framework, Dijamin Praktis!

Langkah dalam masing-masing cara tidak rumit jika diperhatikan dengan seksama. Uraian mengenai setiap cara dapat disimak pada paparan berikut ini.

1. Install NET Framework Secara Manual

Proses penginstalan bisa dilakukan secara manual dan mudah. Sebelum menyimak langkah-langkahnya, perlu diketahui bahwa ada 2 jenis NET Framework. Kedua jenis tersebut yaitu Runtime serta Developer Pack. Jenis yang umum digunakan adalah Runtime. Langkah-langkah menginstalnya adalah seperti berikut:

  1. Pertama, akses terlebih dahulu situs resmi Microsoft guna melihat dan mendownload NET Framework versi paling up to date.
  2. Biasanya, akan tertampilkan bermacam versi. Pilihlah versi yang di sampingnya tertera tulisan “Recommended”. Keterangan itu menunjukkan bahwa NET Framework yang dimaksud merupakan versi paling baru atau up to date.
  3. Setelah itu, klik versi tersebut dan pilihlah jenis “Runtime”. Klik “Download .NET Framework Runtime”.
  4. Selanjutnya, tunggu proses download hingga selesai 100%.
  5. Jika sudah, bukalah aplikasi NET Framework dengan cara mengklik dua kali, lalu lanjutkan dengan mengklik “Run as Administrator”.
  6. Berikutnya, akan nampak kotak dialog wizard installation. Berikan tanda centang pada kotak “License”.
  7. Kemudian, jangan lupa untuk hubungkan perangkat PC atau laptop dengan internet. Apabila sudah dihubungkan, klik “Install”.
  8. Tunggulah beberapa saat, hingga proses penginstalan selesai dilakukan.
  9. Setelah selesai, klik “Finish” dan klik “Restart Now”.

Baca Juga: Cara Update NET Framework dan Atasi Gagal Update

2. Install NET Framework Memakai Windows Installer

NET Framework lazimnya sudah ada di dalam file installer Windows. Akan tetapi, untuk menginstalnya harus dilakukan secara terpisah. Selain itu, biasanya NET Framework yang termuat di dalam file installer bukanlah versi terbaru.

Meskipun begitu, tidak masalah jika ingin menginstall versi bawaan installer Windows. Langkah-langkah yang perlu dilakukan yakni:

  1. Pertama, sambungkan installer Windows ke PC atau laptop menggunakan DVD, flashdisk, ataupun perangkat lainnya yang memungkinkan.
  2. Berikutnya, buka fitur pencarian Windows. Ketikkan “Command Prompt” dan klik “Run as Administrator”.
  3. Alternatif selain membuka fitur pencarian adalah menekan tombol ikon Windows dan R secara bersama-sama, lalu mengetikkan CMD dan menekan “Enter”.
  4. Langkah selanjutnya, masukkan kode “DISM.exe /Online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:E:sourcessxs /LimitAccess” sebagai perintah.
  5. Pada bagian “Source:E” bisa diganti dengan partisi atau disk lain sesuai dengan DVD drive yang terdeteksi oleh Windows. Misalnya disk F, G, maupun H.
  6. Setelah memastikan kodenya diinput dengan benar, klik “Enter”.
  7. Tunggu selama beberapa saat, hingga penginstalan selesai.

3. Install NET Framework Memakai Windows Update

Opsi terakhir berikut ini bisa dijalankan jika fitur Windows Update dinyalakan pada perangkat PC atau laptop. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

  1. Pertama, buka fitur pencarian Windows.
  2. Setelah itu, ketikkan “Control Panel”.
  3. Lalu, pilih “Open”.
  4. Kemudian, akan ditampilkan halaman Control Panel pada layar. Lantas, pilih bagian “Programs and Features”.
  5. Selanjutnya, tekan opsi “Uninstall Program”
  6. Setelah itu, pilih pula “Turn Windows Features On or Off”.
  7. Di kotak dialog yang muncul, berikan tanda centang pada kotak “NET Framework” sesuai versi yang tertera di sana.
  8. Jika sudah, klik “OK”.
  9. Maka, Windows pun akan melakukan penginstalan NET Framework.

Demikian ulasan tentang cara install NET Framework dengan berbagai opsi yang bisa dipilih. Jika ingin memperoleh versi terbaru, gunakanlah cara yang pertama. Namun, apabila tidak mengharuskan versi paling baru untuk dipasang di PC atau laptop, gunakan cara kedua dan ketiga.

Tinggalkan komentar