6 Cara Membatalkan Transferan yang Sudah Terkirim Cepat dan Berhasil

Biminasoft.COM – Beberapa orang ada yang salah dalam mentransfer dana, sehingga menimbulkan kerugian secara finansial. Jika kondisinya demikian maka kamu perlu mengetahui cara membatalkan transferan yang sudah terkirim ke rekening lain.

Tujuan dari cara ini agar uangnya bisa kembali lagi dan dananya dapat ditransfer ke rekening sebenarnya. Untuk cara membatalkannya memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun bagi kamu yang sabar maka besar kemungkinan dana itu bisa kembali lagi. Selain itu, untuk pembatalan ini juga diperlukan beberapa dokumen atau bukti real untuk menyakinkan pihak perbankan.

Cara Membatalkan Transferan yang Sudah Terkirim

Cara Membatalkan Transferan yang Sudah Terkirim ke Rekening Lain

Bagi kamu yang salah transfer dan ingin mengembalikan dananya maka perlu mengikuti cara-cara berikut:

Menghubungi Pihak Perbankan

Kamu perlu melaporkan bentuk kesalahan ini ke pihak perbankan sesegera mungkin. Upaya ini dilakukan agar dananya lebih mudah diurus dan cepat kembali ke rekening.

Kamu bisa menghubungi perbankan via call center atau customer service. Jika ingin lebih cepat maka kamu harus datang langsung ke kantor cabang perbankan terdekat untuk membuat laporan secara langsung.

Jelaskan Sedetail Mungkin Kejadian Salah Kirimnya

Ketika menghubungi costumer service atau datang ke langsung ke bank maka kamu bisa menjelaskan secara detail kejadiannya. Pastikan apa yang kamu ceritakan sesuai kenyataan.

Info Terkait: Cara Transfer Shopeepay ke LinkAja

Misalnya, kamu sebutkan saja jika dalam proses transfer itu ada kesalahan memasukkan rekening. Selain itu, kamu bisa jelaskan juga jika dalam proses transfernya lupa tidak mengecek ulang nomor rekening tujuan. Hal penting lainnya juga, jelaskan nominal uang yang salah transfer dan waktu kejadian.

Siapkan Bukti Transfer dan Identitas Diri

cara membatalkan transferan yang sudah terkirim

Demi menyakinkan pihak perbankan, kamu perlu menyiapkan bukti transfer dan identitas dirinya. Untuk identitasnya bisa berupa ATM, buku tabungan, KTP dan dokumen lain yang dibutuhkan.

Dari data-data itu nantinya pihak bank akan melakukan pencocokan dengan rekening yang kamu miliki. Selain data itu, kamu bisa menyertakan bukti transfer yang salah kirim itu.

Baca Juga: Cara Pembayaran TikTok Shop Transfer Bank BRI

Selain keduanya, beberapa perbankan ada juga yang meminta surat kronologi menggunakan materai. Pada surat tersebut, kamu bisa menjelaskan kejadian saat salah transfer.

Dengan memberikan keterangan sejelas dan sedetail mungkin, memberikan peluang keberhasilan cara membatalkan transferan yang sudah terkirim semakin meningkat dan besar.

Bank Melakukan Proses Verifikasi

Ketika sudah data dan dokumen sudah di proses maka kamu tinggal menunggu pihak perbankan. Untuk verifikasi ini umumnya tidak dilakukan di hari itu juga karena harus mengecek secara detail.

Jika data-datanya sudah akurat dan benar maka laporan itu akan di proses. Jika tahap cara membatalkan transferan yang sudah terkirim ini sudah dilakukan maka pihak perbankan akan menghubungi kamu via telepon.

Bank Menghubungi Pemilik Rekening yang Salah

Setelah datanya lengkap, bank akan mulai menghubungi pemilik rekening yang salah saat proses transfer uangnya. Bank akan menjelaskan sekaligus menyertakan bukti saat salah transfer dananya.

Bila pemilik rekening bersedia maka uangnya akan segera kembali. Bila mereka menolak maka akan dikenakan sanksi sesuai aturan di UU Nomor 3 tahun 2021 (pidana penjara 5 tahun hingga denda uang Rp. 5 miliar).

Bank Mengembalikan Uang ke Rekening Kamu

Setelah dana ditransfer oleh pihak penerima rekening yang salah maka uangnya akan di proses. Umumnya proses ini membutuhkan waktu hingga 2 minggu atau 14 hari kerja. Pengembalian ini antara bank satu dengan yang lain berbeda dan tergantung SOP setiap perbankan.

Berdasarkan pengalaman pribadi admin Biminasoft, proses pengembalian dana yang salah transfer itu bisa lebih cepat, yaitu 7 hari saja.

Namun, semuanya bergantung pada pihak penerima dana apakah dalam prosesnya mampu bersikap koperatif atau tidak. Semakin koperatif pihak tersebut makan proses pengembalian dana juga bisa segera diselesaikan.

Jadi cara membatalkan transferan yang sudah terkirim bisa datang dulu ke bank. Setelah itu, semua data-datanya akan di proses dan bank akan menghubungi pemilik rekening yang salah. Dengan cara ini, uang yang kamu miliki akan kembali dalam waktu 14 hari kerja.

Tinggalkan komentar