3 Cara Membuat Lambang X Bar di Excel

Biminasoft – Saat ini excel memang jadi salah satu software yang tidak bisa dilepaskan dari orang-orang khususnya yang sedang mengolah atau mencatat data tertentu. Membahas mengenai cara membuat lambang X bar di Excel maupun word simak pembahasan lengkapnya disini:

Apa Itu Lambang X Bar di Excel?

cara membuat simbol x di excel

Sebelum dibahas lebih lengkap mengenai cara membuat lambang X Bar di Excel, maka perlu diketahui juga sebenarnya apa itu lambang X bar? Jadi lambang X bar adalah lambang X yang tepat di atasnya ada garis.

Umumnya orang akan menggunakan lambang ini saat hendak membuat simbol variabel dalam matematika. Dimana simbol X bar ini melambangkan arti mean atau rata-rata. Jadi, memang jika dilihat itu seperti huruf X yang bergaris di atasnya.

Mungkin jika ditulis dikertas itu tampak lebih mudah. Namun, jika dalam komputer atau PC pasti kesulitan jika belum paham caranya. Terlebih yang saat ini kebetulan mendapatkan tugas kuliah atau yang lain dan mengharuskan membuat mean, secara tidak langsung harus membuat X bar juga. 

Cara Membuat Lambang X Bar Microsoft Office 

Simbol matematika yang melambangkan arti rata rata ini dikenal dengan sebutan X bar. Bukan sekadar X saja namun ada semacam garis diatasnya. Jadi, ini tidak bisa disamakan dengan X pada umumnya. Adapun cara membuat lambang X bar di Microsoft Office cukup mudah perhatikan tutorialnya dibawah ini:

x mean

1. Membuat Lambang X Bar di Microsoft Word

Pembuatan X bar ternyata bisa dilakukan di semua microsoft office. Adapun pembahasan pertama adalah melalui microsoft word. Maka langkah pertama adalah pengguna bisa membuka Microsoft Office terlebih dahulu. Kemudian simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

  1. Kemudian jika pada word maka langkah selanjutnya adalah dengan klik pada bagian menu insert. Lalu dilanjutkan dengan klik object.
  2. Selanjutnya pengguna bisa pilih pada opsi selanjutnya yaitu dengan pilih microsoft equation 3.0. Lalu pengguna bisa pilih pada bagian kolom ke 6 dari bagian bawah. Alias pilih underbar and overbar.
  3. Kemudian setelah itu, pengguna bisa menuliskan huruf X pada bagian kolom yang disediakan di equation. Maka otomatis x bar akan muncul. Menggunakan cara ini, menulis X bar jadi mudah.

Baca Juga: Cara Membuat Lambang X Bar di Word Mudah Dilakukan

2. Membuat Lambang X Bar di Microsoft Excel

Selain di word, pengguna juga bisa melakukan cara membuat lambang x bar di  excel. Adapun caranya juga tidak kalah mudah saat menggunakannya di word. Untuk itu simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

  1. Pastikan pengguna telah terlebih dahulu membuka aplikasi Microsoft Excel untuk membuat simbol mean tersebut. 
  2. Kemudian tulis huruf “X” seperti biasa pada salah satu kolom yang ada di excel. 
  3. Langkah selanjutnya adalah perhatikan pada menu yang ada di layar atas dari excel tersebut. Pengguna bisa klik bagian insert. 
  4. Dimana saat klik insert maka otomatis sistem akan memunculkan berbagai opsi salah satunya adalah simbol. Maka pengguna bisa klik bagia simbol tersebut.
  5. Untuk bagian kolom font, pengguna bisa menggantinya atau tidak tergantung kebutuhan. Namun, yang diganti adalah kolom subject dengan combining Diacritical mark. 
  6. Lalu pilih garis yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, jika sudah dipilih bisa klik insert. Maka secara otomatis sudah terbentuk x bar. 

Demikian itu penjelasan mengenai cara membuat lambang X Bar di Excel. Namun tidak hanya itu, artikel diatas juga sudah dipaparkan jika pengguna ingin membuat lambang X bar pada microsoft word juga. Jadi, tidak perlu bingung untuk membuat simbol mean tersebut. 

Tinggalkan komentar