Wajib Tahu! Ini 6 Cara Mencari Siaran K Vision Agar Tertangkap Semua dan Penyebabnya

Biminasoft – Ketika sedang menonton televisi, bisa saja tiba-tiba cara mencari siaran K Vision agar tertangkap semua.

Hal tersebut dapat menyebabkan tayangan TV tidak optimal karena sulit untuk menampilkan suara beserta gambarnya. Oleh sebab itu, usahakan memahami seperti apa cara untuk mengatasi masalah ini.

Apa itu Siaran K Vision?

cara mencari siaran k vision agar tertangkap semua

K Vision merupakan salah satu layanan televisi berbayar yang ada di bawah naungan MNC Vision Network. Siaran K Vision sendiri yaitu program yang ditayangkan lewat platform televisi berlangganan tersebut serta dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat di tanah air.

Siaran K Vision sendiri hanya dapat diakses oleh para pengguna yang memakai TV parabola. Khususnya bagi mereka yang memang memakai perangkat decoder dari perusahaan televisi satu ini. Decoder tersebut disediakan secara khusus sehingga pelanggan bisa mengakses frekuensi siaran yang diinginkan.

Perusahaan televisi ini sendiri menyediakan banyak siaran yang siap memanjakan para pengguna ketika ingin menonton tayangan berkualitas. Setiap siaran juga menawarkan beragam genre dan konsep channel TV berbeda-beda sehingga menarik untuk dinikmati.

Apa Penyebab Siaran K Vision Hilang?

cara mencari siaran k vision agar tertangkap semua

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab siaran K Vision menjadi hilang. Sebagai pengguna baru, Anda tentu cukup kesulitan dalam mengatasinya. Akan tetapi, penting untuk tetap mempelajari seperti apa penyebab-penyebabnya seperti di bawah ini:

1. Tidak Memperbarui Frekuensi

Penyebab pertama yang paling umum adalah pengguna tidak melakukan pembaruan frekuensi pada K Vision. Tidak heran jika televisi yang dipakai tersebut tidak memiliki sinyal sehingga tidak mampu menampilkan gambar dan suaranya pun menjadi hilang.

Padahal, memperbarui frekuensi bisa jadi hal yang paling penting supaya televisi mampu menangkap siaran-siaran K Vision yang sudah hilang. Tentu para pengguna tidak perlu khawatir karena sebenarnya proses update frekuensi ini juga mudah dilakukan.

Selain hal tersebut, masalah yang sering terjadi adalah sinyal K Vision hilang yang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diatasi.

2. Konfigurasi yang Salah

Adapun penyebab selanjutnya adalah kesalahan pada konfigurasi yang dilakukan oleh pengguna TV itu sendiri. Seperti ketika salah dalam menekan tombol secara tidak sadar sehingga siaran yang awalnya sudah ada tiba-tiba menjadi hilang sebagian atau seluruhnya.

Itulah mengapa penting bagi para pemilik televisi untuk selalu berhati-hati dalam melakukan konfigurasi. Pasalnya, masalah ini dapat terjadi secara tiba-tiba sehingga cukup merugikan. Terlebih jika yang melakukan konfigurasi merupakan orang yang awam.

3. Arah Parabola Berubah

Sebenarnya masih ada banyak penyebab mengapa siaran K Vision menjadi hilang secara tiba-tiba. Salah satunya yakni karena arah parabola telah berubah. Adanya perubahan ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti terkena pohon ketika ada angin kencang atau lainnya.

Perubahan cuaca yang ekstrem juga bisa menjadi penyebab arah parabola tersebut tidak berada di posisi semula. Padahal, apabila hal ini terjadi pastinya dapat menjadikan penangkapan sinyal bermasalah. Alhasil siaran K Vision tiba-tiba menjadi hilang karena sinyalnya lemah.

4. Perpindahan Satelit

Anda juga perlu mengetahui penyebab berikutnya yakni perpindahan satelit. Apabila telah berubah maka dapat mengakibatkan siaran-siaran televisi K Vision menjadi hilang dan tidak terdeteksi. Televisi pun tidak mampu menampilkan gambar maupun suaranya karena tidak ada sinyal yang bisa dideteksi.

Oleh karena itu, pastikan televisi Anda tersambung ke satelit yang tepat. Tujuannya agar siaran televisi dapat ditemukan semuanya sehingga pastinya setiap tayangan dari K Vision dapat dinikmati kembali seperti sebelumnya.

5. Decoder Belum Aktif

Saat Anda baru saja membeli decoder, bisanya alat tersebut belum dilakukan aktivasi oleh penjualnya. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab mengapa siaran K Vision tidak dapat ditemukan ketika ingin menayangkan televisi di dalam rumah.

Tidak heran jika beberapa siaran yang tersedia pun belum tersedia sehingga pengguna tidak dapat menonton TV mereka. Itulah mengapa penting untuk memeriksa terlebih dahulu apakah decoder sudah aktif atau belum supaya penyebab ini bisa teratasi.

Cara Mencari Siaran K Vision Agar Tertangkap Semua

cara mencari siaran k vision agar tertangkap semua

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencari siaran di televisi K Vision. Langkah-langkah program siaran ini sendiri pun terbilang cukup mudah dan praktis sehingga pengguna tinggal mengikuti saja panduannya. Supaya semakin jelas, simak penjelasan Cara Mencari Siaran K Vision di bawah ini:

1. Perbarui Frekuensi Transponder

Cara mencari siaran K Vision agar tertangkap semua adalah dengan memperbarui frekuensi dari transpondernya. Pasalnya, hal ini merupakan langkah krusial ketika siaran hilang sehingga TV pun tidak mampu menampilkan apapun. Berikut langkah-langkah update cara mencari siaran K Vision tersebut:

  • Siapkan remote K Vision
  • Tekan menu Receiver
  • Setelah itu, klik instalasi
  • Kemudian arahkan ke satelit K Vision
  • Langsung tekan OK
  • Klik tombol sat yang ada di remote
  • Pengguna akan masuk ke daftar transponder siaran
  • Cek tampilan layar televisinya
  • Ketahui apakah sudah diupdate ke versi baru
  • Adapun versi terbarunya seperti 12396 H 3100 atau 12436 H 31000
  • Lalu klik tombol biru di remote
  • Akan terlihat Pencarian TP
  • Pastikan terdapat pemberitahuan Hanya FTA dan tertulis Tidak
  • Apabila Ya, maka ubah dahulu menjadi Tidak
  • Klik Cari
  • Tunggu beberapa saat
  • Pencarian siaran akan berlangsung
  • Selesai

2. Perbarui Frekuensi C Band

Selain langkah di atas, Anda juga bisa mencoba untuk memperbarui frekuensi dari K Vision pada C Band. Hal ini karena itu adalah jalur utama pada satelit Telkom 4. Hanya saja beberapa pengguna mungkin masih belum tahu cara memperbaruinya. Berikut langkahnya:

  • Klik menu Receiver
  • Pilih Instalasi
  • Tekan satelit Telkom 4
  • Atau bisa juga tekan K Vision C Band
  • Pada remote ketuk tombol sat
  • Tunggu sampai daftar transponder terbuka
  • Periksa apakah frekuensi K Vision telah diperbarui
  • Frekuensi terbarunya seperti 4060 V 31000

3. Lalukan Scan Ulang

Cara mencari siaran K Vision agar tertangkap semua yang berikutnya yakni dengan melakukan scan ulang frekuensi. Terlebih apabila beberapa langkah di atas masih belum membuahkan hasil. Supaya bisa melakukan proses scan tersebut cek panduannya di bawah ini:

  • Masuk ke Menu
  • Klik Menu Instalasi
  • Arahkan pada satelit K Vision
  • Baik itu Measat 3A atau Telkom 4
  • Kemudian klik tombol scan berwarna biru
  • Tekan blind scan atau scan buta
  • Pilih OK
  • Proses scan ulang akan berlangsung
  • Selesai

Cara Lainnya Mencari Siaran K Vision secara Manual

cara mencari siaran k vision agar tertangkap semua

Selain dengan menerapkan beberapa cara mencari siaran K Vision agar tertangkap semua di atas, masih terdapat langkah lainnya yang dapat Anda coba. Tepatnya dengan mencari siaran K Vision secara manual. Supaya tidak ketinggalan cek tutorialnya dahulu pada penjelasan berikut:

1. Perbaiki Konektor K Vision

Cara mencari siaran K Vision pertama yang dapat Anda lakukan secara manual yakni dengan memperbaiki konektor dari K Vision itu sendiri. Maksudnya pengguna harus mengecek sambungan konektor kabel maupun decodernya. Proses pengecekan ini penting supaya mengetahui apakah ada penyebab yang timbul dari bagian tersebut.

Kemudian pahami pula beberapa tanda bahwa konektor telah mengalami masalah. Seperti tidak munculnya indikator sinyal. Termasuk indikator kualitas sinyal siaran pada K Vision dan indikator intensitas sinyal.

2. Cek Masa Aktif Paket K Vision

Apabila sebelumnya Anda sudah berlangganan paket K Vision, maka pastikan bahwa paket yang terdaftar tersebut masih dalam masa aktif. Pasalnya, ketika sudah habis pastinya siaran yang diinginkan tidak dapat pengguna temukan karena akses ke program tersebut sudah selesai.

Anda bisa mendaftarkan kembali paket yang diinginkan agar siaran K Vision dapat ditemukan kembali. Jika tidak, maka akan menyebabkan televisi kehilangan beberapa siaran. Pasalnya, ketika paket sudah berakhir perusahaan ini tentu akan menghentikan siarannya secara otomatis.

3. Perbaiki Penempatan Antena

cara mencari siaran k vision agar tertangkap semua

Cara mencari siaran K Vision berikutnya bisa dengan memperbaiki penempatan antena dari parabola K Vision. Pasalnya, siaran televisi yang tidak muncul bisa jadi karena posisi antenanya sudah berubah. Penempatan posisi yang salah tersebut menjadikan penangkapan sinyal semakin sulit.

Alhasil sinyal yang diperoleh pun semakin melemah sehingga siaran pada TV K Vision menjadi hilang akibat antena tidak dapat menangkap sinyal tersebut. Terlebih sangat mudah untuk mengecek posisi ini salah satunya memakai indikator sinyal yang berwarna hijau sehingga artinya sinyal tersebut kuat. Itu tadi beberapa cara mencari siaran K Vision agar tertangkap semua. Penting bagi Anda untuk segera menerapkannya supaya semakin mudah dalam menikmati channel-channel terbaik yang telah disediakan oleh perusahaan televisi tanah air satu ini.

Tinggalkan komentar