Cara Mengaktifkan Kembali Kartu Smartfren dengan Mudah

Biminasoft.com – Terkadang aktivitas yang intens membuat sebagian orang tidak sempat mengecek masa tenggang kartu seluler Smartfren pada ponsel atau modem di rumah. Hal ini tentu dapat menyebabkan SIM Smartfren sulit digunakan bahkan bisa diblokir oleh operator layanan. Jika itu benar terjadi, pastinya dibutuhkan suatu cara mengaktifkan kembali kartu Smartfren agar bisa digunakan. Yakni dengan mengikuti langkah di bawah ini:

Langkah Agar SIM Dapat Digunakan

Sebenarnya ada dua penyebab dari SIM mengalami pemblokiran yakni karena pengguna memiliki dua chip secara bersamaan dan lewat masa tenggang. Umumnya pengelola memberikan jangka waktu untuk pengisian pulsa, namun pengguna tidak sadar sudah melebihi yang ditetapkan. Di bawah ini terdapat beberapa tutorial cara mengaktifkan kembali kartu Smartfren dengan efektif:

Cara Mengaktifkan Kembali Kartu Smartfren

1. Cek Masa Tenggang Kartu

Umumnya sebelum kartu mengalami pembekuan oleh operator seluler akibat tidak mengisi pulsa, pengelola akan memberi masa tenggang. Inilah waktu yang tepat bagi pengguna mencegah SIM pada ponsel maupun modem terblokir, dengan menghubungi *999# atau 999 (voice mail).

Smartfren memiliki dua sistem blok yaitu one way block (masa aktif SIM habis) pengguna tidak dapat melakukan pengiriman pesan maupun berselancar dunia maya. Lalu two way block yang berlaku 30 hari setelah waktu hidup kartu berakhir, di mana pemilik tidak bisa lagi menerima panggilan masuk.

2. Hubungi Provider Seluler Kartu

Cara mengaktifkan kembali kartu Smartfren yang tak sengaja terblokir yang selanjutnya yaitu dengan menghubungi call center. Namun, sebelum melakukannya, sebaiknya pastikan terlebih dahulu terdapat pulsa yang dirasa cukup untuk menelepon layanan operator ini.

Biasanya tarif pengguna yang dikenakan per detik panggilan lumayan besar jumlahnya. Pengguna Smartfren bisa menghubungi pusat informasi di nomor 888 untuk menanyakan terkait kartu yang telah diblokir. Nantinya pihak operator akan menjelaskan dengan detail apa saja yang bisa dilakukan agar SIM dapat dipakai seperti semula.

3. Kunjungi Gerai Kartu Smartfren

Jika punya sedikit waktu luang dapat menyempatkan diri untuk pergi ke gerai Smartfren terdekat. Jangan lupa membawa dokumen pribadi seperti KTP, KK, dsb agar bisa memenuhi syarat dari pihak pengelola. Untuk biaya yang dikenakan tergantung pada kebijakan operator yang dikunjungi, apabila beruntung bisa jadi gratis.

Pengguna dapat bertanya pada Customer Service (CS) mengenai keluhan yang dialami, nantinya akan diberikan penjelasan terkait hal tersebut. Pelayan yang disuguhkan sangat baik di mana prosesnya tidak perlu memakan waktu lama. Pelanggan biasanya, akan mendapat SIM baru dengan nomor yang dimiliki sebelumnya.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Mati dan Perpanjangnya

Alternatif Lain Agar SIM Dapat Digunakan

Selain memiliki 2 nomor dan lupa mengisi pulsa atau paket, kesalahan dalam memasukkan kode pada kartu SIM, juga berpotensi terjadinya pemblokiran. Agar dapat mengatasi permasalahan ini, pengguna cukup mengetahui sandi PUK untuk membukanya.

Tahap pertama pengguna bisa melihat bungkusan kerangka kartu SIM, namun apabila sudah terlanjur terbuang dapat menghubungi call center. Pelanggan bisa bertanya mengenai perihal pemblokiran beserta hal apa saja termasuk kode yang dibutuhkan.

Selain itu, pengguna bisa juga mengunjungi layanan Smartfren dengan membawa catatan 16 digit nomor pada SIM untuk mendapatkan bantuan. Jika belum ada waktu untuk pergi ke kantor cabang, unduh lah software yang disediakan oleh provider operator seluler.

Itulah sederet cara mengaktifkan kembali kartu Smartfren yang tidak dapat berfungsi atau tanpa sengaja terblokir. Untuk mencegahnya, rajinlah mengecek masa aktif dari SIM dan apabila sudah dalam waktu tenggang, langsung lakukan pengisian pulsa. Agar tidak sampai terblokir dan akhirnya merepotkan!

Tinggalkan komentar