Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store

Biminasoft.com – Pengguna Android pasti pernah mengalami masalah pada ponselnya, baik itu pada perangkatnya maupun pada aplikasi yang digunakan. Salah satu masalah yang kerap dialami penggunanya adalah perangkat yang kadang tidak kompatibel atau tidak sesuai dengan aplikasi Google Play Store. Meski sering terjadi, kadang masih ada yang bingung cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store tersebut. Untuk itu, di bawah ini ada cara yang bisa digunakan:

Mengubah Wilayah Perangkat

Cara mengatasi yang pertama yaitu dengan cara mengubah atau mengganti server perangkat dengan menggunakan aplikasi VPN. Aplikasi VPN dapat digunakan untuk menangani masalah perangkat yang tidak kompatibel tersebut. Caranya, pengguna bisa mengubah ke wilayah yang kompatibel dengan aplikasi yang akan diunduh, misal ada sebuah game yang telah rilis di Jepang, maka pengguna bisa mengubah server ke Jepang. Berikut ini langkah untuk mengubahnya:

  • Awalnya, unduhlah aplikasi VPN di laman Google Play Store;
  • Kemudian setelah terunduh penuh, buka aplikasi VPN tersebut untuk menggunakannya;
  • Setelah itu langsung klik hubungkan dan cari server yang sesuai;
  • Selanjutnya pengguna bisa langsung menuju Play Store untuk mengunduh aplikasi yang dimaksud; dan
  • Lalu setelah aplikasinya sudah diunduh, pengguna dapat memainkannya sambil menggunakan aplikasi VPN.

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store

Perbarui Versi Android

Terkadang pengguna android lupa untuk memperbarui sistem atau versi ponsel Androidnya ke versi yang terbaru. Memperbarui sistem sangatlah penting, karena akan berpengaruh terhadap kinerja aplikasi lain. Salah satunya adalah kinerja Play Store ini. Lantaran, Play Store akan sulit bekerja jika versi yang digunakan masih yang lama. Nah, untuk mengatasinya bisa dengan cara berikut ini:

1. Masuk Menu Periksa Pembaruan

Sambungkan terlebih dahulu ponsel dengan menggunakan WiFi, karena melakukan pembaruan versi akan membutuhkan ukuran data yang lumayan besar. Setelah itu buka menu pengaturan pada ponsel dan cari menu Perbarui Perangkat Lunak. Jika di pengaturan ponsel tidak ada,maka pengguna bisa menuju menu Tentang Ponsel lalu cari menu Software Update. Selanjutnya klik menu Check Updates/ Periksa Pembaruan.

2. Jalankan Perintah Pembaruan Sistem

Selanjutnya pada layar, klik lagi menu install manual dan perangkat pun akan memulai proses pembaruan. Setelah selesai, restart ponsel dan coba lagi menuju Play Store apakah sudah bisa digunakan atau belum. Salah satu yang perlu diingat adalah baterai ponsel harus dalam keadaan lebih dari 40% serta jaringan WiFi yang digunakan harus stabil. Karena proses ini cukup menguras kinerja ponsel tersebut.

Baca Juga: 4 Cara Membuat HP Oppo Menjadi Seperti iPhone Terbaru

Manfaatkan APK dari Pihak Lain

Cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store yang terakhir ini mungkin agak sedikit memaksa. Pasalnya, cara ini akan mengajak penggunanya untuk mengunduh aplikasi yang dimaksud dengan menggunakan perangkat lain. Perangkat lain tersebut adalah APK atau Application Package File. Terdapat banyak sekali situs di internet yang menawarkan layanan tersebut, salah satunya adalah APKPure. Berikut ini cara menggunakannya:

1. Lakukan Pengunduhan File APK

Unduh terlebih dahulu file APK di ponsel dengan melalui website resmi APK tersebut. Cara mengunduhnya yaitu dengan buka website lalu tulis nama APK tersebut dan lakukan pengunduhan dengan cara klik tanda “-“ pada situsnya. Tunggulah hingga proses mengunduh selesai, dan langsung saja buka unduhan tersebut.

2. Jalankan Instalasi APK

Cari menu File APK lalu pilih menu Ya dan APK tersebut akan terpasang di ponsel pengguna. Setelah terpasang, pengguna sudah dapat mengunduh aplikasi dengan menggunakan APK tersebut tanpa ada masalah perangkat tidak kompatibel lagi. Namun, yang harus diingat adalah cara ini bisa saja akan merusak sistem, lantaran cara yang digunakan ilegal serta tidak sebagaimana mestinya.

Demikianlah informasi yang dapat diberikan. Sebaiknya gunakan cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store yang sesuai dengan keadaan ponsel yang dipunyai. Yakni dengan mengenali sejumlah indikasi dan spesifikasi dasar ponsel yang dipergunakan. Agar hasil perbaikan benar-benar optimal dan sesuai tujuan!

Tinggalkan komentar