6+ Cara Mengembalikan Layar TV yang Membesar agar Kembali Normal

Biminasoft – Informasi mengenai cara mengembalikan layar TV yang membesar banyak dicari oleh masyarakat terutama mereka yang sering mengalami masalah ini saat sedang menonton TV.

Di artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara-cara yang bisa dilakukan oleh pengguna, sebagai berikut:

Cara Mengembalikan Layar TV yang Membesar

Ada banyak sekali cara mengembalikan layar TV yang membesar tanpa tahu penyebabnya. Terkadang, keteledoran pemilik membuat ratio dari screen terlihat berbeda.

Namun, tidak banyak pengguna bisa mengidentifikasikannya dengan baik. Berikut ini ulasan lengkap mengenai hal tersebut!

1. Mengecek Pengaturan Pada TV

Cara Mengembalikan Layar TV yang Membesar

Cara mengembalikan layar TV yang membesar adalah dengan mengecek pengaturan pada TV. Kemungkinan besar masalah dipicu karena setelan yang tidak sesuai atau berubah. Oleh sebab itu, langkah ini menjadi yang pertama yang harus Anda lakukan. Berikut langkah-langkah lengkapnya!

  • Pertama, tekan tombol menu di remote.
  • Setelah itu, pilih opsi Display.
  • Pastikan zoom atau pengaturan layar nonaktif.
  • Jika belum, cobalah untuk menonaktifkannya.
  • Lihat tampilan layar TV apakah sudah normal atau tidak.

Jika tidak ada remote, Anda bisa menggunakan tombol navigasi yang ada di belakang TV. Lakukan secara hati-hati dan ikuti beberapa langkah yang sudah tertera di atas sebelumnya.

2. Mengecek Set Top Box

Selanjutnya cara mengembalikan layar TV yang membesar dengan set top box. Set top box adalah sebuah perangkat yang digunakan pada TV, sering dikenal dengan sebutan penerima.

Baca Juga: Lampu Standby TV Tidak Nyala

Adapun beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengecek pengaturan pada perangkat ini, diantaranya:

  • Buka menu pengaturan pada perangkat.
  • Kemudian, lakukan pengecekan apakah mode zoom aktif atau tidak.
  • Jika aktif, nonaktifkan hingga indikasinya berubah.
  • Sekarang, cek layar TV Anda kembali, apakah sudah normal atau tidak.

3. Menggunakan Tombol Zoom

Di dalam remote, biasanya ada beberapa tombol dengan fungsi berbeda-beda untuk membantu para penggunanya mengoperasikan TV dengan lebih nyaman dan cepat.

Salah satunya yang bisa digunakan adalah tombol zoom. Jika layar TV tiba-tiba membesar, Anda hanya perlu menekan tombol zoom.

Nantinya akan muncul beberapa pilihan atau opsi ukuran layar yang diinginkan. Jika sudah sesuai, tekan Ok pada remote. Kemudian, lihatlah apakah ukuran layar TV sudah berubah atau tidak.

Cara ini cukup simple dilakukan karena Anda tidak perlu lagi menekan banyak tombol untuk mengaturnya.

4. Memeriksa Kabel dan Sambungan

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa kabel dan sambungan. Pastikan setiap kabel yang terhubung ke TV tidak longgar serta terkoneksi secara kuat.

Selain itu, lakukan pengecekan apakah ada kabel yang rusak atau mengalami eror karena dampaknya cukup besar.

Info Terkait:

  1. Cara Memperbaiki TV yang Tiba-Tiba Mati
  2. Cara Mengembalikan Warna TV yang Hitam Putih

Jika hal demikian menjadi pemicunya, cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti kabel dengan yang baru.

Anda bisa membelinya di offline store atau online store. Pastikan juga jika kabel tersebut berkualitas guna menghindari terjadinya kendala saat pemasangan dan penggunaan ke TV nantinya.

5. Mengecek Koneksi

Cara Mengembalikan Layar TV yang Membesar

Cara mengembalikan layar TV yang membesar selanjutnya yakni dengan mengecek koneksi pada remote control.

Pastikan remote control sudah terhubung dengan baik ke TV serta tidak ada indikasi terjadinya kerusakan untuk memaksimalkan penggunaannya.

Namun, jika terdeteksi kerusakan sedikitpun, segera lakukan penggantian atau memperbaikinya ke toko alat elektronik terdekat.

Pastikan juga untuk menggunakan jasa perbaikan yang sudah berpengalaman dan profesional agar bisa teratasi dengan cepat serta dapat digunakan tanpa adanya kendala.

6. Mengecek Kabel HDMI

Cara Mengembalikan Layar TV yang Membesar

Cara mengembalikan layar TV yang membesar selanjutnya yakni dengan melakukan pengecekan kabel HDMI.

Kemungkinan besar saat Anda hendak menyambungkan kabel tersebut ke TV tidak masuk dengan pas atau longgar. Dengan begitu, fitur layar akan mengalami gangguan.

Selain itu, perhatikan kabel HDMI yang Anda gunakan apakah mendukung resolusi layar TV yang sedang digunakan.

Setelah itu, pastikan pemasangan kabel sudah sesuai ke port yang ada di TV. Dengan begitu, tidak akan terjadi kendala saat hendak menjalankan video dari perangkat eksternal.

7. Mengecek Pengaturan Perangkat Terhubung

Mengecek pengaturan perangkat terhubung juga menjadi salah satu cara mengembalikan layar TV yang membesar.

Mengingat sekarang banyak merk TV yang sudah menyediakan fitur menyambungkan perangkat lain, seperti PC atau laptop, hp, dan lain sebagainya ke TV. Berikut ini cara mengeceknya!

  • Lakukan pengecekan pada setiap kabel yang terhubung ke TV.
  • Salah satunya adalah kabel HDMI.
  • Pastikan tidak menghubungkan kabel HDMI.
  • Kemudian, ubah resolusi layar sesuai keinginan.

8. Mengatur Resolusi

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan mengatur resolusi layar pada TV. Biasanya, layar yang membesar berkaitan dengan ratio atau resolusi yang sedang diaplikasikan oleh televisi. Untuk mengetahui langkah-langkah secara lengkapnya, simak ulasan lengkap di bawah dengan seksama!

  • Tekan tombol menu di remote.
  • Selanjutnya, pilih opsi pengaturan.
  • Jika sudah, tekan ukuran layar.
  • Kemudian, pilih ukuran layar yang diinginkan.
  • Lalu, simpan pengaturan yang sudah diubah tadi.

Cara ini bisa Anda lakukan jika tombol zoom yang ada di remote tidak berfungsi dengan baik, jadi sebaiknya menggunakan cara manual.

Pastikan juga pemilihan ukuran TV sesuai dengan preferensi visual yang diinginkan agar nanti lebih nyaman saat menonton TV.

9. Mereset TV

Cara mengembalikan layar TV yang membesar berikutnya yakni dengan mereset TV. Ini berlaku jika semua cara di atas tidak bisa mengatasi masalah yang sedang dihadapi sebelum ke pihak teknisi.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Di bawah ini sudah tertera secara lengkap cara-caranya!

  • Tekan tombol menu pada remote.
  • Setelah itu, pilih opsi pengaturan.
  • Kemudian, pilih reset.
  • Tunggu proses reset hingga selesai.

Sebelum itu, perlu Anda ketahui jika cara ini memiliki risiko yang cukup besar, karena semua setelan yang ada pada TV akan hilang. Oleh sebab itu, saat proses reset selesai, pengguna harus bisa mengatur kembali setelan-setelan yang ada sebelumnya agar TV dapat berfungsi seperti biasanya.

10. Menghubungi Teknisi

Cara Mengembalikan Layar TV yang Membesar

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan jika beberapa langkah-langkah tidak membuahkan hasil setelah diterapkan yakni menghubungi teknisi.

Dengan menyerahkan semuanya kepada pihak ahli, pengguna dapat meminimalisir adanya kerusakan yang lebih parah apalagi jika tidak tahu menahu mengenai elektronik.

Anda bisa menyampaikan keluhan atau masalah yang sedang TV alami. Biasanya, masa perbaikan TV tidak akan memakan waktu terlalu lama.

Selain itu, jika memiliki kartu garansi, kemungkinan besar biaya perbaikan lebih sedikit. Tentu hal ini dapat membantu menghemat pengeluaran dana.

Mengapa Ukuran Layar Harus Sesuai Preferensi Visual?

Cara Mengembalikan Layar TV yang Membesar

Ada banyak jenis ukuran layar pada TV yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan keinginan. Jika hal tersebut tidak diperhatikan, kemungkinan pengalaman saat menonton tidak akan nyaman serta seru karena kurangnya kesesuaian ratio panel TV. Lalu, mengapa memilih ukuran layar itu penting? Berikut informasinya!

1. Memberikan Pengalaman Menonton

Pengalaman menonton yang menyenangkan dan nyaman tentu sangat diperlukan. Apalagi jika Anda ingin menghabiskan waktu luang dengan bersantai setelah melalui hari-hari berat setiap harinya.

Dengan ukuran layar TV yang sesuai, Anda tidak akan mudah bosan atau merasa kurang nyaman.

Selain itu, gerak setiap karakter di dalam layar juga lebih nyaman untuk ditonton karena sudah sesuai dengan preferensi visual yang diinginkan.

Oleh sebab itu, penting untuk menentukan ukuran layar yang diinginkan agar nanti tidak ada kendala saat menonton TV.

2. Mengurangi Mata Lelah

Ukuran layar TV yang sesuai dengan keinginan serta preferensi visual tentu membantu mengurangi mata lelah.

Mengapa? Karena Anda tidak perlu lagi fokus pada satu titik jika ukuran layarnya mengikuti kebutuhan mata. Selain itu, semua faktor pendukung, seperti pencahayaan dan lainnya cocok.

Ini akan membuat kegiatan menonton di waktu libur atau weekend bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan.

Apalagi jika Anda menonton bersama anak-anak. Pasti harus menyesuaikan berbagai aspek agar anak merasa nyaman serta meminimalisir rasa lelah pada mata mereka saat nonton TV.

Itu tadi informasi berkaitan dengan cara mengembalikan layar TV yang membesar yang bisa Anda jadikan sebagai solusi jika masalah ini terjadi. Sekarang, tidak perlu lagi khawatir kalau tiba-tiba mengalami kendala demikian. Anda dapat melakukan beberapa langkah-langkah di atas secara runtut.

Tinggalkan komentar