6+ Cara Mengembalikan Warna TV yang Hitam Putih Tanpa Ribet

Biminasoft.com – Penyebab dan cara mengembalikan warna TV yang hitam putih banyak dicari oleh masyarakat terutama para pengguna teknologi digital.

Karena terkadang kendala ini seringkali terjadi secara tiba-tiba sehingga perlu mengetahui dengan detail mengenai penyebab-penyebab serta langkah mengatasinya.

Penyebab TV Hitam Putih

Sebelum mengetahui cara mengembalikan warna TV yang hitam putih, Anda perlu tahu terlebih dahulu mengenai penyebab munculnya masalah tersebut.

Dengan begitu, akan lebih mudah dalam memilih langkah perbaikan secara tepat nantinya. Berikut ini informasi berkaitan dengan hal itu!

1. Terjadi Masalah Pada Panel

cara mengembalikan warna TV yang hitam putih

Penyebab pertama TV hitam putih karena terjadi masalah pada bagian panelnya. Ini merupakan kendala utama yang menjadi pemicu munculnya error pada TV mengingat ini adalah bagian krusial yang berfungsi untuk menampilkan gambar secara normal pada televisi.

Jika terjadi masalah pada panel, alangkah baiknya Anda segera menghubungi teknisi karena ini membutuhkan tenaga ahli dalam mengatasinya. Selain itu, menghindari terjadinya kerusakan berlebih pada televisi seperti TV tiba-tiba mati sebab diotak-atik sendiri oleh pengguna.

2. Terjadi Masalah Pada Sinyal

TV pintar pada saat ini pastinya menggunakan sinyal atau jaringan untuk mengakses berbagai channel yang ada, tidak hanya lokal melainkan luar.

Oleh karena itu, peran dari sinyal sangatlah penting agar gambar yang ditampilkan di TV terlihat normal, jelas, dan terang.

Jika terjadi masalah atau error pada jaringan, tentu warna TV akan berubah menjadi hitam putih karena kualitas sinyalnya tidak stabil. Adapun cara mengembalikan warna TV yang hitam putih Polytron karena penyebab satu ini:

  • Pertama, pastikan sumber eksternal yang Anda gunakan bagus.
  • Tidak terjadi gangguan sinyal karena perubahan cuaca.
  • Reset sinyal atau wifi untuk mengembalikan jaringan yang hilang.

3. Pengaturan Tidak Sesuai

cara mengembalikan warna TV yang hitam putih

Penyebab selanjutnya mengapa TV berubah menjadi hitam putih karena pengaturan yang tidak sesuai.

Baca Juga:

  1. Cara Mengubah TV ke AV Tanpa Remote
  2. Cara Setting TV Polytron LED agar Jernih
  3. Lampu Standby TV Tidak Nyala

Bisa jadi pengguna salah menyetel pengaturan pada TV, sehingga terjadi error pada layar yang biasanya memunculkan warna malah hanya monokrom saja. Berikut cara memperbaikinya!

  • Ambil remote TV Anda.
  • Kemudian, tekan tombol menu.
  • Pilihlah bagian gambar dan warna panel.
  • Atur warna agar kembali normal.
  • Tekan tombol save untuk menyimpan perubahan.

4. Terjadi Kerusakan Pada T-Con

Kerusakan pada T-Con juga menjadi salah satu penyebab mengapa TV berubah warna hitam putih. T-Con sendiri merupakan singkatan dari Timing Control yang ada pada TV LED.

Bagian ini berfungsi sebagai control guna membantu menghidupkan panel pada TV LED. Dengan adanya bagian ini, TV LED bisa menghasilkan video dengan kualitas yang baik dan stabil.

Jika terjadi kerusakan, maka layar akan mengalami kendala dalam menampilkan panel secara normal, sehingga kegiatan menonton pengguna menjadi terganggu. Oleh karena itu, Anda harus memastikan jika bagian ini berfungsi dengan baik.

Apabila memang sudah terlalu parah kerusakannya, Anda bisa memperkirakan biaya perbaikan TV LED sendiri.

5. Kendala Pada Mainboard

Tidak hanya PC yang dilengkapi dengan mainboard, melainkan juga TV LED. Jika terjadi kendala atau masalah pada bagian ini, tentu akan membuat TV berubah warna menjadi hitam putih.

Mengingat fungsinya sendiri cukup krusial, yakni sebagai tempat menyimpan semua program atau BIOS.

Info Lainnya: Cara Mengembalikan Layar TV yang Membesar

Program ini berfungsi dalam membantu mengendalikan bagian-bagian blok yang ada pada pesawat TV LED.

Cara mengembalikan warna TV yang hitam putih LG karena pemicu dari kerusakan bagian ini adalah dengan memastikan jika kondisinya selalu baik serta lakukan pengecekan secara berkala.

6. Masalah Pada Kabel Antena

cara mengembalikan warna TV yang hitam putih

Antena pada TV berguna untuk menangkap sinyal frekuensi yang biasanya dipancarkan oleh stasiun pemancar televisi.

Kerusakan pada antena dapat menyebabkan error saat hendak menampilkan TV sehingga warna yang biasanya muncul menjadi hitam putih.

Untuk mengatasinya, Anda harus memastikan jika kabel antena tersebut terhubung dengan baik ke TV serta tidak mengalami kerusakan.

Selain itu, penting juga untuk melihat posisi antena apakah sesuai atau tidak karena ini berpengaruh dalam membantu mendapatkan sinyal pada TV.

7. Menyalakan Mode Monokrom

cara mengembalikan warna TV yang hitam putih

Terkadang, kendala demikian bisa disebabkan karena keteledoran atau ketidaksengajaan pengguna saat mengakses menu pengaturan.

Di dalam menu tersebut, terdapat banyak fitur yang dapat membantu Anda dalam mengatur TV sesuai keinginan, sama halnya warna pada layar.

Cara mengembalikan warna TV yang hitam putih sharp karena ini adalah dengan mengubah pengaturan pada alat elektronik tersebut.

Anda bisa mengakses menu pengaturan, kemudian memilih bagian mode. Lalu, nonaktifkan mode monokrom untuk mengembalikan warna pada panel TV.

8. Masalah Pada Pengaturan

Masalah pada pengaturan juga menjadi salah satu pemicu mengapa TV berubah warna menjadi monokrom.

Adapun beberapa aspek yang perlu diperhatikan, seperti kecerahan rendah, kontras yang terlalu tinggi, maupun setelan saturasi yang salah.

Cara mengatasinya hanyalah melalui menu pengaturan. Ini berguna untuk mengatur segala error yang terjadi pada TV, baik itu kontras, cahaya, dan lain sebagainya. Jadi, tidak perlu lagi mencari bagian-bagian pendukung satu persatu.

Cara Mengembalikan Warna TV yang Hitam Putih

Cara mengembalikan warna TV yang hitam putih

Ada banyak penyebab yang bisa memunculkan warna hitam putih pada TV, Anda juga perlu mengetahui tentang cara mengembalikan warnanya agar kembali normal sehingga menonton TV menjadi lebih menyenangkan dan nyaman. Berikut ini cara mengembalikan warna TV yang hitam putih yang perlu dilakukan oleh pengguna!

1. Menggunakan Set Top Box

Cara mengembalikan warna TV yang hitam putih pertama yakni dengan menggunakan set top box. Ini merupakan alat yang memiliki fungsi dalam membantu mengubah sinyal TV analog menjadi digital.

Anda bisa mendapatkannya di beberapa toko elektronik offline maupun online. Berikut cara mengembalikan warna TV yang hitam putih dengan mudah!

  • Beli lah set top box dengan kualitas bagus.
  • Setelah itu, hubungkan set top box ke TV.
  • Gunakanlah kabel AV sebagai perantaranya.
  • Kemudian, aktifkan output berwarna di set top box.
  • Coba nyalakan TV, apakah sudah menampilkan warna atau tidak.

Sebelum membeli set top box, Anda harus mengetahui apakah alat tersebut sesuai dengan TV atau tidak. Tujuannya adalah untuk menghindari kerusakan saat pemasangannya.

2. Menggunakan DVD

Cara kedua yang bisa dijadikan sebagai solusi adalah dengan menggunakan DVD player. Alat ini berfungsi untuk memutar film dan video dalam format digital.

Ini dapat dilakukan jika TV memiliki port input AV. Berikut ini cara mengembalikan warna TV yang hitam putih yang perlu dilakukan oleh pengguna!

  • Pertama, hubungkan DVD Player ke TV.
  • Gunakanlah kabel AV untuk menghubungkannya.
  • Kemudian, aktifkan fungsi output berwarna di DVD Player.
  • Dengan begitu, tampilan TV akan berubah berwarna.

3. Menggunakan Decoder

Cara mengembalikan warna TV LED yang hitam putih selanjutnya yakni dengan menggunakan Decoder TV.

Hal Ini merupakan alat yang dapat membantu mengubah sinyal pada TV analog menjadi digital dengan tujuan untuk menampilkan gambar yang berwarna dan stabil. Berikut ini cara menggunakannya!

  • Pertama, beli decoder TV yang kompatibel dan bagus.
  • Lalu, hubungkan decoder ke TV menggunakan kabel khusus.
  • Setelah itu, atur alatnya.
  • Lihatlah apakah tayangan pada TV sudah berwarna atau tidak.

4. Mengecek Pengaturan

Pengaturan menjadi menu yang paling banyak dijadikan sebagai solusi dalam mengatasi berbagai masalah yang ada pada TV.

Apalagi sekarang fitur-fitur di dalam TV LED semakin banyak dan canggih untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya saat menonton TV. Berikut ini caranya!

  • Tekan tombol menu atau pengaturan pada remote.
  • Setelah itu, pilih opsi gambar dan warna.
  • Lakukan pengecekan pada mode yang aktif.
  • Lihatlah apakah ada mode yang tidak diinginkan menyala.
  • Jika iya, atur kembali fitur atau mode yang ada agar sesuai.

5. Membawa ke Teknisi

Jika beberapa cara di atas tidak dapat membuahkan hasil, mungkin Anda perlu membawa TV ke teknisi yang sudah pasti ahli dalam mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada alat elektronik tersebut. Ini juga bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada televisi nantinya.

Selain itu, jika Anda memiliki garansi, ini menjadi keuntungan tersendiri karena tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar untuk perbaikannya. Oleh karena itu, segera bawa TV ke tempat service supaya bisa diperbaiki dengan cepat dan tepat.

Itu tadi informasi mengenai penyebab dan cara mengembalikan warna TV yang hitam putih agar lebih nyaman saat menonton channel favorit bersama keluarga. Untuk menghindari kerusakan lebih besar serta perbaikan TV bisa berlangsung dengan cepat, alangkah baiknya menggunakan jasa teknisi.

Tinggalkan komentar