Cara Menghapus Password Laptop dengan Mudah!

Biminasoftcom – Laptop dengan versi Windows 10 telah dilengkapi dengan fitur keamanan berupa login menggunakan password. Namun, fitur ini dianggap merepotkan karena harus memasukkan password setiap kali akan menggunakan laptop. Bagi yang tidak menginginkan fitur ini aktif alias tidak menggunakannya, harus mengetahui cara menghapus password laptop Windows 10nya secara akurat, agar tidak kebingungan.

Sebagai versi terbaru dari Windows, tentu saja fitur keamanannya pun menggunakan yang paling baru. Banyak yang beranggapan bahwa hal ini tidak bisa dilakukan karena sudah menjadi default dari sistem itu sendiri. Padahal, ada dua cara untuk menghilangkan password dari Windows 10 yang dapat diupayakan, yakni:

Menghapus Password Login Masuk Menggunakan Run Command

Menggunakan Run Command adalah cara menghapus password laptop dengan cepat. Hal yang perlu ditekankan bila memakai alternatif ini adalah penulisan perintah yang benar, sebab perintah yang salah secara otomatis sistem akan menjalankan hal yang berbeda. Berikut uraian cara menggunakan Run Command tersebut:

1. Akses Run Command

Secara bersamaan tekan tombol Windows dan huruf R, ini akan menjalankan Run Command yang akan muncul dekat tombol Start. Ketikkan netplwiz pada kolom yang tersedia kemudian Enter. Hal ini akan membawa pada tampilan User Account.

2. Buka User Account

Pada kotak info User Account ini terdapat beberapa informasi tentang pengguna laptop tersebut. Cara menghapus password laptop berikutnya adalah:

  • Lepas tanda ceklis yang ada depan tulisan: Users must enter…, klik Apply. Hal ini membuat laptop tidak lagi meminta password saat akan menggunakannya;
  • Masukkan password lama pada kolom yang muncul setelah itu dan klik OK;
  • Tampilan akan kembali pada menu User Account, klik OK sekali lagi untuk menyelesaikannya; dan
  • Laptop sudah dapat digunakan tanpa harus memasukkan password terlebih dahulu.

Menghapus Password Melalui Settings Windows

Cara menghapus password laptop lainnya adalah melalui menu Pengaturan atau Setting Windows. Cara ini biasa digunakan untuk yang tidak terbiasa menggunakan Run Command. Untuk melakukan hal ini, tahapan yang dilakukan adalah:

1. Buka Menu Setting 

Untuk masuk ke menu ini klik Start yang tersedia di bagian pojok kiri, sebelah bawah layar laptop atau tekan lambang Windows yang ada pada keyboard. Kemudian pilih Setting yang ditandai dengan lambang gerigi. Beberapa opsi akan ditampilkan pada menu ini. Antara lain System, Phone, Account, Network & Internet, Apps, Personalization, Time & Language serta Easy Access.

2. Pilih Accounts 

Dari menu Setting tersebut pilihlah menu Account yang dilanjutkan dengan memilih Signing Option yang ditandai dengan lambang kunci. Cari bagian yang bertuliskan Password, di sini akan terlihat tombol bertuliskan Change. Lekas pilihlah tombol ini dengan mengkliknya.

3. Lakukan Perubahan Password

Monitor akan menampilkan kotak bertuliskan Change Your Password. Pengguna diminta untuk mengisikan kata sandi aktif saat ini. Pastikan untuk menginput sandi dengan benar, jika sudah yakin pilih klik Next yang ada di paling bawah kotak tersebut.

Di halaman berikutnya, akan terlihat tiga kolom untuk mengisi sandi baru bertuliskan Change Your Password. Kosongkan ketiga kolom tersebut, tidak perlu menginput apa-apa, ini akan menjadikan laptop tidak terproteksi oleh password. Selesaikan tahap akhir ini dengan memilih Next dan memilih Finish pada halaman berikutnya.

Baca Juga: 3 Cara Mengetahui Password WiFi Tanpa Aplikasi di HP Xiaomi

Demikianlah cara menghapus password laptop yang dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Lakukan cara-caranya secara berurutan agar berhasil, dan laptop sudah dapat digunakan tanpa harus memasukkan password terlebih dahulu, pada saat akan menggunakannya.

Tinggalkan komentar