5 Cara Mengatasi Daftar JKN Gagal Regulasi Terbaru

Biminasoft – Penyebab dan cara mengatasi daftar JKN gagal sering dicari oleh masyarakat karena tidak sedikit dari mereka mengalami kegagalan saat hendak melakukan pendaftaran ke aplikasi kesehatan satu ini.

Informasi ini harus diketahui oleh semua orang apalagi saat ini semuanya sudah menggunakan platform digital.

Penyebab Daftar JKN Gagal

Daftar JKN gagal tentu ada sebab yang menjadi pemicu kegagalannya. Dengan mengetahui mengenai informasi ini, Anda bisa meminimalisir kesalahan saat hendak melakukan pendaftaran pada aplikasi JKN. Oleh karena itu, ketahui mengenai hal tersebut secara lengkap di bawah ini dengan seksama!

1. Informasi Data Pribadi Tidak Sesuai

Daftar JKN Gagal

Penyebab pertama kegagalan dalam mendaftar di aplikasi JKN adalah karena informasi data pribadi yang pengguna masukkan tidak sesuai. Biasanya, ada beberapa ketentuan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemilik BPJS Kesehatan. Informasi itu tertera di halaman pertama aplikasi saat hendak mendaftar.

Dalam hal ini, pastikan Anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan untuk bisa memperoleh faskes yang disediakan oleh pemerintah. Selain itu, lakukan pengecekan nomor NIK KTP yang dimasukkan. Jangan sampai ada kesalahan pada satu nomor saja, karena itu dapat memicu kegagalan.

2. Nomor Ponsel Tidak Terdaftar

Penyebab berikutnya yang bisa memicu kegagalan pada saat hendak melakukan pendaftaran pada JKN yakni karena nomor ponsel yang Anda gunakan tidak terdaftar atau sudah tidak aktif. Saat ini, pemerintah mewajibkan semua orang untuk mendaftarkan nomor hp mereka menggunakan NIK.

Ini membantu mempermudah dalam melakukan tracking serta penyesuaian pendaftaran berbagai aplikasi, seperti JKN ini. Jika nomor ponsel sudah tidak aktif, tentu saja Anda tidak akan bisa menerima nomor verifikasi atau kode OTP yang dikirimkan melalui sms atau telepon, sehingga membuat daftar JKN gagal.

3. Jam Akses Penuh atau Tidak Sesuai

Daftar JKN Gagal

Daftar JKN gagal jam akses tidak sesuai, ini menjadi salah satu alasan mengapa proses sering mengalami kegagalan. Pastinya tidak hanya Anda yang ingin melakukan pendaftaran di Jaminan Kesehatan Nasional. Jika waktunya tidak tepat, kemungkinan besar akan membuat browser lambat dalam memuat isi dari website.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan KIS Lewat JKN Mobile

Selain itu, biasanya pihak BPJS Kesehatan juga memberikan waktu tertentu mengenai kapan pengguna bisa melakukan pendaftaran. Jika waktu Anda mengakses tidak sesuai dengan pemberitahuan tersebut, tentu tidak akan bisa mengakses dan mendaftar ke dalam aplikasi JKN.

4. Ada Error Pada Sistem

Terkadang, pemicu kegagalan saat mendaftar ke aplikasi JKN bukan hanya disebabkan oleh pengguna, melainkan juga sistem dari platform tersebut. Tidak jarang aplikasi mengalami error di pusat, meskipun sudah menggunakan teknologi digital yang sangat canggih, namun kekurangan itu tidak bisa ditutupi.

Selain itu, hal ini bukanlah sesuatu yang asing lagi di telinga pengguna teknologi digital. Mengapa? Karena terkadang aplikasi juga memerlukan yang namanya update atau perbaikan untuk meningkatkan kinerja berbagai fitur yang tersedia di dalamnya agar lebih mudah bagi pengguna mengoperasikannya.

5. Koneksi Internet Bermasalah

Daftar JKN Gagal

Hampir semua aplikasi saat ini membutuhkan yang namanya jaringan internet untuk bisa diakses. Sama halnya dengan aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional ini. Anda memerlukan sinyal yang cukup kuat juga stabil agar nanti saat melakukan proses pendaftaran tidak terjadi kendala atau lemot.

Anda bisa menggunakan wifi atau paket data. Pastikan juga sinyal yang masuk ke ponsel cukup stabil dengan melihat status jaringan di bar paling atas pada hp. Jika tidak stabil, cobalah berpindah tempat dan carilah tempat yang nyaman dengan sinyal yang bagus untuk memudahkan proses pendaftaran.

Cara Mengatasi Daftar JKN Gagal

Setelah membahas mengenai penyebab mengapa sering terjadi kegagalan saat hendak mendaftar di aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional, selanjutnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi daftar JKN gagal. Untuk mengetahui secara lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah dengan seksama!

1. Memastikan Data Sesuai Ketentuan

Cara mengatasi daftar JKN gagal terus yang pertama yakni dengan memastikan data sudah sesuai ketentuan yang tertera di halaman utama aplikasi saat mendaftar. Biasanya, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor NIK KTP atau nomor kartu BPJS Kesehatan. Pastikan data-data tersebut cocok.

Selain itu, perhatikan juga saat menuliskan setiap nomor pada kartu ke kolom yang tersedia. Jangan sampai ada yang terlewat karena khawatir nanti kegagalan terus terjadi. Ada satu cara yang bisa Anda jadikan sebagai solusi, yakni dengan mengetikkan nomor di aplikasi lain lalu menyalinnya ke JKN mobile.

2. Memastikan Nomor Ponsel Terdaftar

Daftar JKN Gagal

Cara mengatasi kegagalan saat mendaftar di JKN selanjutnya yakni dengan memastikan nomor ponsel masih terdaftar atau aktif. Seperti yang sudah Anda ketahui, jika hal ini menjadi kendalanya, tentu sistem tidak akan bisa mengirimkan kode OTP sebagai alat untuk memverifikasi data. Berikut ini cara mengeceknya!

  • Buka aplikasi dial up.
  • Kemudian, ketikkan kode dial *808#.
  • Lalu, tekan tombol telepon.
  • Tunggu hingga sistem menampilkan pesan pop up.
  • Nantinya akan muncul informasi nomor telepon dan masa aktifnya.
  • Lihatlah apakah nomor hp masih aktif atau tidak.
  • Jika masih aktif, lanjutkan proses pendaftaran JKN.

Selain menggunakan aplikasi telepon, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi operator seluler, seperti MyIM3, My Telkomsel, XL, dan lain sebagainya. Umumnya, informasi mengenai masa aktif nomor tertera di bagian halaman utama atau beranda beserta nominal pulsa juga paket data yang tersedia di ponsel.

3. Menunggu Sistem Normal

Seperti yang sudah Anda ketahui, penyebab daftar JKN mobile tidak bisa karena sistem sedang mengalami error. Ini bukanlah salah pengguna melainkan aplikasi atau program yang digunakan. Jadi, untuk mengatasinya, tunggulah hingga sistem kembali normal.

Untuk mengetahui kapan sistem tersebut normal, Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala dengan membuka aplikasi selang beberapa jam. Biasanya, perbaikan atau pembaharuan pada aplikasi membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi pengguna harus bersabar jika ingin mengakses aplikasi dengan normal.

4. Mengecek Kestabilan Internet

Cara mengatasi kegagalan saat mendaftar di JKN mobile berikutnya yakni dengan mengecek kestabilan internet Anda. Lihatlah berapa banyak sinyal yang masuk ke ponsel. Ini memegang peranan penting dalam membantu melancarkan proses pendaftaran ke aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional.

Jika masih terjadi gangguan, coba ubah sinyal ke jaringan yang lebih mendukung di lokasi Anda. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan kalau ingin mengubahnya!

  • Buka aplikasi pengaturan di hp.
  • Selanjutnya, pilih menu jaringan.
  • Setelah itu, klik jaringan ponsel.
  • Di bagian network mode, pilih 3G atau 2G.
  • Jika Anda menggunakan dua operator seluler, pilihlah operator seluler yang ingin diubah jaringannya.
  • Tunggu hingga jaringan berubah.
  • Kemudian, nyalakan kembali paket data.
  • Coba gunakan jaringan yang sudah diubah tadi.
  • Jika masih bermasalah, cobalah berpindah tempat.

5. Mendaftar di Jam-Jam Sepi Lalu Lintas Browsing

Mendaftar di jam-jam sepi lalu lintas browsing juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa membantu Anda mengatasi kegagalan saat mendaftar ke JKN. Sebenarnya, aplikasi ini bisa diakses selama 24 jam, namun pada jam kerja, traffic sangatlah penuh sehingga membuat pengguna kesulitan untuk masuk.

Cobalah untuk mendaftar JKN saat tengah malam atau dini hari untuk mengurangi jumlah pengguna yang secara bersamaan mengakses aplikasi tersebut. Dengan begitu, tidak akan ada lagi istilah gagal. Apalagi jaringan atau sinyal internet di jam-jam itu sangat bagus sehingga bisa memperlancar proses pendaftaran.

6. Menghubungi Pihak Call Center

Daftar JKN Gagal

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kegagalan saat ingin mendaftar ke JKN mobile adalah dengan menghubungi pihak call center BPJS Kesehatan. Kemungkinan faktor yang memicu gagal tersebut bukan karena kelima hal yang sudah disebutkan di atas.

Anda bisa menghubungi pihak call center di nomor 165. Mereka akan menerima semua keluhan atau pengaduan pengguna berkaitan dengan aplikasi. Tidak hanya itu saja, mereka juga memberikan solusi dalam mengatasinya secara cepat asalkan pengguna menyampaikan informasi secara detail.

Itu tadi informasi berkaitan dengan penyebab dan cara mengatasi daftar JKN gagal untuk membantu pengguna dalam mengidentifikasi pemicu kegagalan serta menemukan solusinya. Sekarang, tidak perlu lagi bingung jika mengalami masalah yang disebutkan di atas karena bisa langsung diterapkan caranya.

Tinggalkan komentar