7+ Dampak HP di Reset Pabrik yang Harus Anda Ketahui Sebelum Melakukannya

Biminasoft.com – Ada banyak dampak hp di reset pabrik yang mungkin belum Anda ketahui. Hal ini karena proses tersebut memang memberikan beberapa keuntungan dan kerugian kepada penggunanya.

Dengan memahami dampaknya terlebih dahulu maka pengguna bisa mengerti apa saja risiko-risiko dari hal ini.

Apa Itu Reset Pabrik?

Reset pabrik merupakan kegiatan menghapus seluruh data pengguna dari ponsel kemudian mengembalikannya ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik.

Tidak heran jika hp tersebut akan kembali seperti hp baru tanpa adanya file-file atau aplikasi tambahan yang menyertai.

Jika Anda melakukan proses ini, maka seluruh data pada ponsel akan terhapus secara efektif.

Nantinya sistem akan mengatur ulang perangkat ke setelan pabrik secara otomatis sehingga penting untuk memahami dahulu dampak hp di reset pabrik. Perlu juga melakukan langkah ini secara hati-hati agar tidak merugikan.

Reset pabrik ini sendiri juga sering disebut dengan beberapa istilah lainnya. Seperti master reset atau hard reset.

Pengguna bisa menerapkan proses reset tersebut untuk mengapus seluruh data, aplikasi, maupun pengaturan di hp. Apabila ingin memulihkannya maka perlu mencadangkannya ke akun Google dahulu.

Berbagai Dampak HP di Reset Pabrik

dampak hp di reset pabrik

Sebelum melakukan reset pabrik, Anda wajib mengetahui dampak hp di reset pabrik yang memang bisa menguntungkan dan merugikan penggunanya.

Untuk proses reset ini sendiri dapat dilakukan dengan mudah dan praktis sehingga tidak perlu terburu-buru. Pahami dahulu pengaruh hp yang direset pabrik di bawah ini:

1. Terhapusnya Semua Data Internal

Dampak hp di reset pabrik yang pertama adalah dapat menghapus seluruh data internal di ponsel. Tentu menjadi dampak yang wajib Anda ketahui karena semua data-data tersebut akan terhapus secara total. Termasuk file-file penting yang ada di dalam perangkat ini.

Itulah mengapa, usahakan memindahkan data-data penting ini ke perangkat lain agar tetap bisa tersimpan dengan aman sebelum melakukan reset prabrik.

Dapat pula mencadangkannya terlebih dahulu ke Google Account. Jika Anda tidak melakukannya, maka tentu seluruh data akan hilang.

Dalam beberapa kasus factory reset sangat diperlukan agar HP berfungsi normal kembali seperti pada kasus reset HP Nokia jadul yang lupa kode pengaman atau pola. Pun begitu, untuk brand-brand ternama lainnya.

2. Aplikasi Selain Bawaan HP Terhapus

Ketika Anda berhasil menjalankan proses reset, maka tentu saja akan menghabiskan banyak waktu untuk mengunduh berbagai aplikasi yang sebelumnya sudah diunduh pada hp.

Hal ini karena reset ulang akan menjadikan perangkat kehilangan berbagai aplikasi selain bawaan ponsel.

Itulah mengapa Anda perlu mengunduhnya secara manual satu per satu di Google Play Store maupun App Store untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut kembali.

Dampak hp di reset pabrik ini memang sedikit menguras waktu dan tenaga akan tetapi tidak terlalu merugikan karena pengguna bisa mengunduh kembali aplikasinya kapan saja.

3. Log Out dari Sosial Media

Untuk dampak hp di reset pabrik berikutnya yakni terjadinya log out otomatis pada seluruh akun sosial media pengguna. Hal ini memang tidak terlalu merugikan karena Anda masih bisa masuk ke sosial media tersebut nantinya ketika hp sudah puluh dan apabila proses reset sudah berhasil.

Akan tetapi, dapat menjadi dampak yang cukup merugikan ketika Anda tidak mengingat kata sandi maupun email untuk log in ke media sosial tersebut. Pastinya akan kesulitan untuk masuk ke sosmednya kembali sehingga usahakan mengetahui atau mengingat informasi penting untuk login ini sebelum melakukan reset.

4. HP Bisa Terkunci Otomatis

dampak hp di reset pabrik

Melakukan reset pabrik bisa saja memunculkan dampak lainnya yakni hp menjadi terkunci secara otomatis. Kemungkinan hal ini dapat terjadi sehingga ponsel pun tidak dapat dibuka oleh penggunanya. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan proses reset dengan tepat.

Kemudian jangan sampai Anda lupa dengan akun Google yang digunakan pada ponsel tersebut karena akan menimbulkan dampak yang lebih parah. Pastikan menghapus akunnya dahulu supaya tidak terhubung dengan akun Android lama.

5. Aplikasi Tidak Mau Merespon

Selain beberapa poin di atas, dampak hp di reset pabrik lainnya yang bisa terjadi adalah aplikasi tidak mau merespon setelah proses reset. Hal ini menyebabkan penggna tidak mampu mengoperasikan aplikasi tersebut karena akan menutup sendiri secara paksa.

Pengguna ponsel pun akan dirugikan apabila dampak tersebut terjadi. Adapun solusinya yaitu dengan menghapus terlebih dahulu aplikasi yang bermasalah ini kemudian cobalah mengunduhnya kembali seperti biasanya. Kemudian cek apakah aplikasi sudah dapat dioperasikan.

6. Rusaknya Komponen Perangkat

Apabila Anda terlalu sering melakukan reset hp, maka salah satu efek terburuknya adalah komponen perangkat mengalami kerusakan. Hal tersebut karena ketika seseorang menjalankan proses reset maka ponsel harus melakukannya secara intensif.

Hal tersebut dapat mempengaruhi komponen-komponen lain seperti memori internal, baterai, flash storage, dan sebagainya. Apabila hal tersebut terjadi secara berulang-ulang maka dampaknya adalah mengakibatkan kerusakan komponen ini.

7. Adanya Botloop

Sebenarnya, reset pabrik cukup efektif apabila Anda ingin memulihkan fungsi hp yang bermasalah saat digunakan. Akan tetapi, hal ini juga akan menimbulkan masalah atau dampak lainnya seperti botloop. Tepatnya ketika proses reset tersebut mengalami kegagalan sehingga tidak berjalan dengan sempurna.

Botloop tidak hanya dapat menyebabkan pengguna kehilangan data-data internal ketika mereset ponsel, akan tetapi juga memungkinkan timbulkan kerusakan software pada sistem operasi perangkat tersebut. Inilah yang dinamakan botloop. Sebagai antisipasi pastikan baterai hp telah terisi penuh.

8. Sinyal Terganggu

Untuk dampak yang satu ini sebenarnya cukup jarang terjadi. Akan tetapi, bisa saja timbul akibat Anda terlalu sering melakukan proses reset pada ponsel sehingga jaringan atau sinyal bermasalah dan terganggu fungsinya. Tentu cukup sulit untuk melakukan panggilan telepon, SMS, atau bahkan akses internet.

Sebagai salah satu solusi jika Anda mengalami hal ini setelah reset pabrik adalah dengan menghubungi operator seluler masing-masing. Hanya saja apabila tidak dapat teratasi maka kemungkinan pengguna perlu mengganti ponselnya.

9. Lemahnya System Recovery

Sebelum adanya proses rebooting yang terganggu, hp mengalami kemunduran terlebih dahulu sehingga IC eMMC dan file system recovery menjadi semakin lemah. Padahal, keduanya mempunyai peran yang sangat penting dalam menjalankan perangkat.

Adapun beberapa tanda file system recovery yang bermasalah yaitu sering menerima peringatan aplikasi terhenti ketika pengguna ingin mengoperasikannya. Tidak hanya itu, proses update maupun install aplikasi pun bisa saja tidak berjalan.

10. Stuck Logo

Dampak HP di reset pabrik berikutnya yang penting untuk Anda ketahui adalah terjadinya stuck logo. Yakni ketika hp tersebut tidak dapat menyala secara sempurna ketika proses reset telah terjadi sehingga hanya akan terlihat logonya saja. Tentu hal ini perlu diwaspadai karena cukup merugikan.

Umumnya stuck logo dapat timbul akibat software hp mengalami masalah. Salah satu contohnya yaitu ketika IC EMMC lemah. Sebagai antisipasi maka pastikan Anda mengetahui dahulu bahwa software ponsel dalam keadaan aman sebelum melakukan reset.

Kapan Sebaiknya Melakukan Reset Pabrik?

dampak hp di reset pabrik

Pahami bahwa proses reset pabrik ini bisa menjadi langkah terbaik apabila Anda menerapkannya pada saat yang tepat. Oleh sebab itu, pastikan menerapkannya ketika memang diperlukan saja. Seperti saat perangkat mengalami masalah yang cukup serius dan tidak dapat diatasi selain dengan langkah ini.

Contohnya mengalami bug, memori internal yang penuh, error sistem, dan sebagainya. Apabila Anda meyakini bahwa reset pabrik merupakan solusi terbaiknya maka bisa melakukan kapan pun saat memang membutuhkan langkah tersebut.

Terlebih tidak ada patokan secara khusus berapa kali seseorang harus melakukan proses ini. Selama Anda memerlukan proses reset maka bisa saja melakukannya. Hanya saja, penting untuk tetap memperhatikan mengenai beberapa dampaknya di atas.

Apakah Data-data di Hp Bisa Pulih Setelah Reset Pabrik?

dampak hp di reset pabrik

Ketahui bahwa sebuah perangkat memakai beberapa fitur khusus yang memang berfungsi untuk menghilangkan seluruh data-data ponsel. Jika Anda menjalankan langkah ini, maka tentu saja akan memangkas kemungkinan perangkat dalam memulihkan data tersebut.

Akan tetapi, pengguna masih bisa menerapkan beberapa cara agar data-data tersebut aman. Seperti dengan memindahkan file atau datanya ke perangkat lain terlebih dahulu sebelum mereset pabrik. Anda juga bisa memanfaatka layanan penyimpanan berbasis cloud yang sudah canggih.

Seperti akun Google sehingga jika data pengguna sudah tersimpan otomatis di dalamnya maka pastinya semakin mudah dalam memulihkan atau mengembalikan data-data penting tersebut. Itulah mengapa perlu mempertimbangkan penyimpanan data ini dahulu sebelum mereset hp.

Sekarang Anda sudah lebih memahami tentang beragam dampak hp di reset pabrik. Pastinya bisa menjadi informasi yang sangat penting sebelum melakukan proses reset karena langkah ini memang akan menimbulkan beberapa keuntungan dan kerugian tersendiri bagi pengguna.

Tinggalkan komentar