Foto di Galeri Samsung Ada Tanda Seru, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Biminasoft.com – Apakah Anda sering mengalami masalah berupa foto di galeri Samsung ada tanda seru? Terkadang, kerusakan pada gambar yang pengguna simpan di perangkat digitalnya seringkali terjadi.

Tentu hal ini membuat beberapa foto menjadi error dan tidak dapat dibuka lagi, kecuali dilakukan perbaikan.

Penyebab Foto di Galeri Samsung Ada Tanda Seru

Sebelum mengetahui cara memperbaikinya, Anda perlu tahu terlebih dahulu mengenai penyebab mengapa foto di galeri Samsung tersebut muncul tanda seru.

Dengan begitu, dapat mengidentifikasi kerusakannya secara lebih mudah. Berikut ini informasi lengkap mengenai hal tersebut!

1. Terjadi Masalah Sistem Operasi

foto di galeri Samsung ada tanda seru

Masalah pada sistem operasi dapat menyebabkan foto di galeri Samsung ada tanda seru. Beberapa diantaranya bisa membuat pengguna kesulitan dalam membuka maupun menampilkan foto secara normal melalui perangkat mereka tanpa adanya perbaikan yang tepat.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pembaruan sistem operasi atau mengatur ulang. Sistem operasi ini biasanya memang harus diupdate secara berkala agar tidak terjadi kendala saat hendak menggunakan ponsel. Selain itu, jika terus terupdate, penggunaan fitur pun menjadi lebih nyaman.

2. Format Foto Tidak Didukung di Ponsel

Ada banyak format foto yang bisa Anda dapatkan, mulai dari IMG, PNG, JPG, dan lain sebagainya.

Terkadang, ada beberapa perangkat yang tidak mendukung salah satu format gambar tersebut, sehingga tidak memungkinkan untuk membuka gambar secara normal di ponsel.

Namun, Anda dapat memindahkan file tersebut ke perangkat lain agar bisa dibuka secara normal. Untuk mencegah terjadinya masalah ini di kemudian hari, pengguna harus memastikan jika format foto yang ada pada ponsel mereka sudah sesuai dengan gambar yang disimpan di galeri.

3. Ukuran Gambar Terlalu Besar

Penyebab foto tidak bisa dibuka di hp Samsung selanjutnya karena ukuran gambar yang terlalu besar.

Ukuran file foto yang besar menyebabkan perangkat sulit membukanya sebab sistem di dalam ponsel tidak mendukung, sehingga akan terjadi kerusakan saat hendak menampilkan gambar.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkompres foto agar ukuran filenya lebih kecil. Sekarang sudah ada banyak aplikasi maupun website yang dapat membantu pengguna yang ingin mengecilkan file, baik itu foto, video, maupun audio. Jadi, tidak perlu lagi bingung jika mengalami masalah tersebut.

4. Foto Rusak atau Terhapus

Terkadang, pengguna tidak menyadari jika foto yang mengalami kerusakan tersebut karena sudah dihapus atau memang rusak.

Jika hal demikian menjadi penyebab foto di galeri Samsung ada tanda serunya, maka cara yang tepat untuk mengatasinya yakni dengan memulihkan file sampah.

Info Seputar Samsung:

Fitur ini ada di beberapa perangkat digital pada saat ini untuk memudahkan penggunanya menemukan file yang sudah terhapus.

Namun, pastikan terlebih dahulu Anda memang menyalakannya, karena jika tidak, kecil kemungkinan file tersebut berpindah ke tempat sampah yang ada pada aplikasi galeri.

5. Adanya Virus Maupun Malware

Virus atau malware memang sangat berbahaya bagi perangkat digital, terutama ponsel karena bisa merusak sistem dan data yang ada di dalamnya, baik itu video maupun foto.

Biasanya, kedua hal ini muncul jika pengguna melakukan pengunduhan aplikasi berbahaya di situs ilegal.

Apalagi sekarang sangat marak sekali penyedia website ilegal yang menawarkan berbagai jenis aplikasi, baik itu lite, modifikasi, maupun ori.

Padahal, itu semua bisa menyebabkan virus atau malware muncul di smartphone. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengunduh aplikasi yang tidak jelas sumbernya.

6. Terjadi Kerusakan Pada Memori Internal dan Eksternal

Kerusakan pada memori internal dan eksternal juga menjadi salah satu penyebab yang sulit diidentifikasikan oleh pengguna karena memang tidak terlihat secara jelas kerusakannya.

Dengan begitu, foto akan tampil tidak normal bahkan tidak bisa dibuka sama sekali di perangkat.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memeriksa kondisi dari memori internal atau eksternal menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

Selain itu, ada cara lain yang bisa membantu pengguna mengatasi hal ini, yakni dengan memindahkan file ke perangkat lain.

foto di galeri Samsung ada tanda seru

7. Gagal Dalam Proses Pemindahan

Penyebab foto di galeri Samsung ada tanda seru selanjutnya yakni adanya kegagalan dalam proses pemindahan file, misalnya dari internal ke eksternal atau media penyimpanan lain.

Hal ini terjadi mungkin karena pengguna kurang teliti terhadap apa yang mereka lakukan saat memindahkan file.

Terkadang, pengguna menutup paksa proses pemindahan yang sedang terjadi, sehingga file tidak bisa dipindahkan dengan utuh dan menyebabkan gambar menjadi error.

Oleh karena itu, penting bagi Anda agar tidak melanggar instruksi yang diberikan di layar ponsel saat hendak memindahkan file.

Cara Mengatasi Foto di Galeri Samsung Ada Tanda Seru

Kebanyakan pengguna biasanya akan panik saat mengalami masalah demikian pada foto mereka. Padahal, ada beberapa cara yang bisa digunakan dan dijadikan sebagai solusi untuk mengatasinya. Di bawah ini informasi lengkap mengenai cara mengatasinya!

1. Pindahkan ke Internal Storage

foto di galeri Samsung ada tanda seru

Cara pertama yang bisa Anda jadikan sebagai solusi yakni dengan memindahkan file tersebut ke internal storage atau penyimpanan internal jika awalnya di eksternal.

Ini bertujuan agar file dapat terbuka kembali sehingga hasilnya pun normal. Berikut ini beberapa langkah yang diperlukan pengguna!

  • Buka aplikasi kamera.
  • Selanjutnya, klik ikon roda bergerigi atau pengaturan di bagian kiri atas.
  • Setelah itu, pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan.
  • Bisa juga dengan memindahkan file di eksternal ke internal.
  • Buka aplikasi file manager.
  • Pilihlah file foto yang Anda simpan di SD Card.
  • Kemudian, pindahkan ke penyimpanan internal.

Jika internal storage Anda sudah penuh, alangkah baiknya memindahkan file tersebut ke Google Drive atau aplikasi yang dapat menyimpan berbagai jenis media, seperti foto, video, dan lain sebagainya.

2. Buka di Perangkat Lain

foto di galeri Samsung ada tanda seru

Terkadang, banyak perangkat tidak mendukung format tertentu pada file gambar, sehingga sulit untuk membukanya di ponsel yang memang tidak didukung tersebut. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda harus memindahkan file ke perangkat lain, bisa menggunakan Bluetooth atau kabel USB.

  • Nyalakan Bluetooth Anda.
  • Kemudian, pilih file gambar yang tidak bisa dibuka.
  • Klik titik tiga di pojok kanan bawah.
  • Pilih kirim menggunakan Bluetooth.
  • Tunggu hingga proses pengiriman selesai.
  • Jika menggunakan kabel USB, Anda bisa memanfaatkan PC atau laptop.
  • Sambungkan ponsel ke PC dengan kabel USB.
  • Setelah itu, pilihlah file yang mengalami error.
  • Pindahkan ke folder di PC atau Laptop.

3. Memformat SD Card

foto di galeri Samsung ada tanda seru

Cara selanjutnya yang bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk mengatasi foto di galeri Samsung ada tanda serunya adalah dengan memformat SD Card. Kemungkinan masalah besarnya ada pada kartu memori eksternal yang digunakan. Berikut ini langkah-langkah lengkapnya!

  • Buka menu pengaturan di ponsel.
  • Pilih opsi Perawatan Perangkat.
  • Kemudian, klik menu Penyimpanan.
  • Pilih Lanjutan, lalu klik SD Card atau Kartu SD.
  • Langkah terakhir yakni pilih opsi Format.

Sebelum menerapkan cara ini, Anda perlu tahu jika hal ini dapat menghilangkan semua data dan file yang ada di dalam SD Card. Oleh karena itu, untuk tetap melindungi file yang ada di dalamnya, harap memindahkannya terlebih dahulu ke penyimpanan internal.

4. Melakukan Pembaharuan Sistem

Seperti yang sudah Anda ketahui dari penjelasan penyebab di atas, kemungkinan besar file foto rusak dan tidak dapat dibuka karena sistem operasi pada perangkat tidak dilakukan Software update Samsung.

Padahal, biasanya smartphone akan memberikan notifikasi kepada pengguna agar selalu mengupdate sistem android mereka. Berikut ini cara melakukan update tersebut!

  • Buka menu pengaturan di ponsel.
  • Setelah itu, gulir layar ke bawah, lalu klik opsi Software Update.
  • Nanti di bagian atas akan muncul info mengenai update terakhir ponsel.
  • Kemudian, di bagian bawah ada tempat untuk mengunduh update dari software.
  • Pastikan saat mengunduh, jaringan internet Anda stabil agar bisa berlangsung cepat.

Setelah semuanya selesai, ponsel Anda akan melakukan restart secara otomatis. Biasanya ini memakan waktu yang cukup lama karena pembaharuan harus beradaptasi dengan file, fitur, serta sistem di dalam smartphone.

Itu tadi informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi foto di galeri Samsung ada tanda seru untuk membantu para pengguna jika menghadapi masalah seperti di atas. Sekarang, Anda tidak perlu bingung dan khawatir kalau gambar yang tersimpan di dalam perangkat mengalami kerusakan.

Tinggalkan komentar