6 Cara Hard Reset HP Oppo Joy 3 A11W via Recovery Mode

Biminasoft.com – Melakukan hard reset HP Oppo Joy 3 sebenarnya tidak terlalu sulit karena cukup menekan beberapa kombinasi tombol saja. Setelah melakukan aktivitas ini, Anda bisa mengatasi beberapa masalah seperti lag, hang, lambat, dan lain-lain.

Sayangnya, tidak sedikit yang masih belum tahu bagaimana cara melakukannya. Oleh karena itu, pada kali ini akan dijelaskan secara lengkap terkait hal tersebut. Silakan perhatikan langkah demi langkah agar prosesnya bisa berjalan lancar.

Apa Itu Hard Reset?

Apa Itu Hard Reset

Hard reset juga bisa diartikan sebagai wipe data. Fungsi utama dari aktivitas ini adalah mengembalikan kondisi ponsel seperti pengaturan pabrik dan pengaturan awal. Beberapa orang kerap menyamakan dengan factory reset, padahal keduanya adalah aktivitas yang berbeda.

Anda harus memahami kombinasi tombol di setiap tipe ponsel untuk melakukannya. Hal tersebut dikarenakan ada kemungkinan setiap merek memiliki kombinasi berbeda satu sama lain, termasuk untuk brand Oppo.

Biasanya hard reset akan dilakukan ketika ponsel mengalami beberapa masalah kecil seperti hang, ponsel terasa lambat, aplikasi sering keluar sendiri, dan lain-lain. Meskipun tidak memberikan jaminan seratus persen, namun cara ini memungkinkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Itulah sebabnya banyak orang mencari tahu bagaimana cara melakukan reset ini sebelum memutuskan untuk membawa ponselnya ke tempat servis. Pasalnya, bisa jadi masalah yang dialami masih tergolong ringan sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang.

Baca Juga:

Perbedaan dengan Factory Reset

Agar lebih jelas, di bagian ini akan dijelaskan perbedaan aktivitas tersebut dengan factory reset. Perbedaan pertama terletak di cara melakukannya. Factory reset biasanya dapat dilakukan dalam kondisi ponsel menyala dengan mengakses di menu pengaturan.

Sementara itu, aktivitas yang satu lagi Anda perlu melakukan kombinasi tombol seperti menekan dan menahan tombol power ditambah volume selama beberapa saat. Hal ini dilakukan dalam kondisi perangkat mati.

Pengertian Recovery Mode

Sebelum ke pembahasan bagaimana cara melakukannya, Anda perlu tahu terlebih dahulu mengenai recovery mode. Recovery mode merupakan fitur pada perangkat Android ketika penggunanya bisa melakukan fungsi tertentu.

Biasanya mode ini diaktifkan untuk mengatasi error yang terjadi di ponsel seperti sering lag, terasa lambat, dan lain-lain. Kelebihan recovery mode adalah Anda bisa melakukan perbaikan ponsel ketika mengalami kerusakan dan tidak dapat mengakses pengaturan seperti biasa.

Pada umumnya, untuk masuk ke mode tersebut pengguna bisa menekan tombol power dan volume secara bersamaan. Akan tetapi, setiap tipe ponsel mungkin memiliki kombinasi yang berbeda. Sebagai contoh, ponsel lain mungkin harus menggunakan tombol volume up atau down.

Beberapa hal yang dapat dilakukan di fitur ini adalah reboot system, reboot to bootloader, apply update from ADB, update from SD Card, wipe data, factory reset, wipe cache partition, dan view recovery logs. Selain itu, Anda juga bisa mengakses run graphics test untuk mengecek kualitas grafis pada ponsel.

Cara Hard Reset HP Oppo Joy dengan Recovery Mode

Cara Hard Reset HP Oppo Joy dengan Recovery Mode

Untuk melakukan hard reset HP Oppo Joy 3, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak langkah berikut.

1. Melakukan back up data

Meskipun hanya melakukan booting saja, namun tidak ada salahnya untuk Anda mencadangkan data-data penting terlebih dahulu. Data ini bisa disimpan di memori card, laptop, atau penyimpanan cloud. Pasalnya, ketika terjadi masalah, bukan tidak mungkin data-data di ponsel akan terancam terhapus.

2. Matikan ponsel

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah matikan ponsel terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa reset ini hanya bisa dilakukan dalam kondisi mati. Setelah itu, tekan tombol volume down dan power bersamaan dan tahan beberapa saat.

3. Tunggu muncul logo

Tahan kombinasi tombol tersebut hingga muncul logo Oppo di layar. Setelah itu, lepaskan tombol dan tunggu sampai Anda dibawa ke mode recovery. Di mode recovery inilah Anda dapat melakukan hard reset atau mengakses menu lainnya.

4. Pilih English

Untuk memudahkan dalam memahami menu-menunya, silakan pilih bahasa English. Kemudian, klik menu Wipe Data and Cache. Klik tombol bertuliskan tersebut lagi dan pilih OK atau Yes.

5. Tunggu proses berlangsung

Setelah melakukan langkah tersebut, silakan tunggu hingga proses wipe data berhasil diselesaikan. Apabila telah selesai, maka Anda akan melihat notifikasi Wipe Successfully. Klik Yes untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Restart ponsel

Terakhir, silakan restart ponsel dengan mengeklik tombol Reboot. Tunggu sampai booting selesai. Apabila berhasil, ponsel akan masuk ke pengaturan awal. Silakan lakukan pengaturan seperti jaringan, bahasa, dan sebagainya.

Setelah mengetahui cara hard reset HP Oppo Joy di atas, kini Anda tidak perlu terburu-buru membawa ponsel ke tempat servis apabila mengalami masalah. Pasalnya, dengan langkah di atas saja, ada kemungkinan permasalahan bisa segera diatasi.

Akan tetapi, apabila kasus kerusakan sudah cukup parah, apalagi jika sudah berkaitan dengan hardware, Anda bisa membawanya ke tempat servis. Hal ini dikarenakan langkah di atas tidak berlaku untuk kerusakan hardware yang terlalu parah.

Tinggalkan komentar