5 Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri dan Tidak Bisa Hidup

Biminasoft.com – Bisa dikatakan bahwa HP Oppo semakin dipercaya oleh masyarakat Indonesia karena harganya yang murah, desain yang cantik, spesifikasi bagus, dan banyak fitur canggih yang ditanamkan didalamnya. Namun, setelah beberapa saat digunakan, beberapa pengguna mengalami masalah hp oppo mati sendiri dan tidak bisa hidup.

Masalah ini secara langsung akan memengaruhi penggunaan hp. Karena itu, yuk cari tahu bersama kamu penyebab dan cara mengatasi hp oppo mati sendiri dan tidak bisa hidup melalui artikel di bawah ini. 

Apa Penyebab HP Oppo Mati Sendiri dan Tidak Bisa hidup?

HP bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga alat untuk membantu kita bekerja dan menikmati hiburan. Oleh karena itu, saat digunakan, HP OPPO mati sendiri dan tidak bisa hidup akan menganggu aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa penyebab hp OPPO mati sendiri dan tidak bisa hidup yang perlu kamu ketahui seperti :

  • HP kehabisan baterai tanpa sepengetahuan pengguna
  • Layar LCD HP rusak
  • Pengisian dan penggunaan HP yang tidak tepat menyebabkan kesehatan baterai menurun dan dalam jangka panjang menyebabkan baterai rusak
  • Power IC atau komponen di dalam hp mengalami kerusakan
  • Pengguna yang telah mengunduh dan menggunakan aplikasi diluar playstore seperti menginstal apk atau melakukan rooting ataupun melakukan flashing ROM yang salah, dan lainnya
  • Melakukan hack menggunakan hp oppo sehingga membuat device lag. Ketika sistem mati, butuh waktu lama untuk memulai boot

Info Terkait: HP Oppo Tiba-tiba Mati

Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri dan Tidak Bisa Hidup Paling Ampuh 100% Work

Setiap penyebab yang dijelaskan di atas akan memiliki cara mengatasi yang berbeda. Jadi, langkah pertama yang perlu Kamu ambil yaitu menentukan penyebab HP OPPO mati. Selanjutnya, ikuti cara mengatasi HP oppo mati sendiri dan tidak bisa hidup di bawah ini.

1. Cas HP OPPO selama 5-10 menit

Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri Cas HP OPPO selama 5-10 menit

Banyak orang yang masih sering menggunakan hp meski HP sudah berkali-kali melaporkan baterai lemah. Hal ini tidak hanya membuat baterai hp jadi cepat boros, tetapi juga berdampak langsung pada kesehatan penggunaan baterai. Karena, saat sumber daya baterai HP sudah mulai habis, radiasinya akan meningkat hingga 1.000 kali lipat dari level normal.

Baca Juga:

Saat HP oppo Kamu mati sendiri karena baterai lemah, harap segera sambungkan hp ke chargernya. Biasanya ketika hp mati karena kehabisan baterai, layar HP tidak langsung menyala, tetapi harus menunggu selama 5-10 menit.

2. Ganti Layar LCD HP baru

Ganti Layar LCD HP baru

Masalah hp oppo mati sendiri dan tidak bisa hidup bisa disebabkan karena layar LCDnya sudah rusak tapi Kamu tidak mengetahuinya. Untuk memeriksa memasalah ini, Kamu bisa mencoba yang berikut ini.

Kamu coba gunakan hp lain untuk menghubungi hp Kamu. Jika ada buzzer tetapi tampilan tidak menyala, ini mungkin disebabkan karena  kerusakan yang berhubungan dengan layar. Dan solusinya sekarang kamu hanya bisa membawa HP OPPO kamu ke tempat service HP atau OPPO Service Center untuk mengganti layar LCD dengan yang baru

3. Periksa Charger dan Port Charger

Periksa Port Charger

Setelah lama digunakan dan tidak dibersihkan secara teratur, port charger di HP OPPO juga bisa mengumpulkan kotoran dalam waktu lama. Sehingga kotoran ini secara bertahap menutupi titik kontak antara kabel USB dan konektor di port charger. Ini juga yang menjadi penyebab charger tidak masuk dan HP tidak bisa menyala. Jika masalahnya karena ini, Kamu bisa mengatasinya dengan membersihkan kotoran di port charger.

Periksa Charger dan Port Charger

Selain itu charger hp OPPO yang rusak juga bisa menyebabkan hp oppo mati sendiri dan tidak bisa hidup. Karena itu, kamu bisa coba mengecas hp kamu dengan kepala charger HP lainnya. Jika HP Oppo kamu tetap tidak bisa mengecas, Kamu bisa coba mengganti kabel usb charger yang digunakan.

4. Kembalikan ke Pengaturan Pabrik jika HP OPPO Stuck di logo

Kembalikan ke Pengaturan Pabrik jika HP OPPO Stuck di logo

HP stuck di logo, juga dikenal sebagai softbrick. Artinya, tampilan layar hp masih terang namun hanya menampilkan logo Oppo terus menerus. Masalah hp oppo stuck di logo ini mungkin disebabkan oleh masalah dengan ROM pada perangkat.

Pengguna bisa menghapus semua data di perangkat dan mengatur ulang pengaturan awal pabrik. Namun, saat melakukan hard reset, Kamu harus mempertimbangkan karena semua data aplikasi, foto, video, game dan data penting lainnya akan terhapus dan hilang.

Langkah melakukan Wiper Data : Tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power di HP OPPO secara bersamaan > Lalu Kamu Pilih bahasa sebagai bahasa Inggris (English) > Lanjut untuk pilih Wipe data > Klik Wipe all data and removable application > Klik OK untuk mengonfirmasi bahwa Kamu ingin menghapus data dan mengatur ulang HP OPPO ke setinggan pabrik.

Jadi jika kamu tidak ingin data yang tersimpan di hp hilang, maka kamu bisa membawa hp kamu ke tempat service hp oppo terpercaya di tempat tinggalmu.

5. Gunakan Komputer/Laptop Untuk Memaksa HP Melakukan Booting

Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri Dengan Gunakan Komputer Laptop Untuk Memaksa HP Melakukan Booting

Jika rumah Kamu memiliki kabel USB, coba gunakan komputer/laptop untuk menghidupkan HP OPPO mati sendiri dan tidak bisa hidup. Prosesnya meliputi langkah-langkah berikut :

  • Langkah 1: Gunakan kabel USB untuk menyambungkan komputer/lapto dan HP OPPO yang Kamu miliki. Isi baterai HP Kamu selama sekitar 15-20 menit.
  • Langkah 2: Cabut kabel dari komputer/laptop, kemudian pasang kembali dan terus isi daya selama 30 menit lagi.
  • Langkah 3: Tekan dan tahan tombol daya HP OPPO selama 5 detik.
  • Langkah 4: Sentuh tombol Restart di layar untuk me-restart, jika Kamu tidak melihat tombol Restart, tahan tombol power selama 30 detik.

Akhir Kata

Artikel diatas sudah menjelaskan kenapa penyebab dan cara mengatasi hp oppo mati sendiri dan tidak bisa hidup. Selain beberapa metode di atas, kamu juga bisa menatasinya dengan mengganti baterai hp dengan yang baru atau mengganti komponen hp yang rusak di servcie center atau tempat service OPPO terpercaya. Semoga dengan adanya artikel tips ini bisa membuat hp Oppo kamu bisa dihidupkan kembali dengan normal.

Tinggalkan komentar