HP Oppo Tiba-tiba Mati Total dan Tidak Bisa Dicas? Ini Solusinya

Biminasoft.com – Perangkat canggih seperti smartphone tak luput dari permasalahan, mulai dari kerap nge-lag, aplikasi error, tidak bisa ngecas, hingga tiba-tiba mati total. Tidak terkecuali ponsel merek OPPO, dimana HP OPPO tiba-tiba mati tanpa sebab bahkan ketika dicas pun indikator baterai tidak bertambah.

Jika hal ini terjadi, tak perlu khawatir harus membeli perangkat baru karena bisa jadi permasalahan tersebut masih dapat diatasi sendiri tanpa perlu membawa ke tukang servis HP. Berikut ini penyebab dan cara ampuh mengatasinya yang perlu diketahui.

Penyebab HP OPPO Tiba-tiba Mati Total

Penyebab HP OPPO Tiba-tiba Mati Total

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya terlebih dahulu simak penyebab dari HP OPPO tiba-tiba mati total secara mendadak di bawah ini. Pasalnya penyebab yang berbeda tentu akan berpengaruh pada cara memperbaikinya nanti.

Info Terkait: HP Oppo Mati Sendiri

HP mati total sendiri dapat digolongkan ke dalam dua jenis berbeda, yakni soft brick dan hard brick. Soft brick adalah kondisi di mana ponsel masih dalam kondisi bisa diselamatkan namun terlihat mati, sedangkan hard brick sudah dalam kondisi parah dan tidak menunjukkan tanda dapat dinyalakan kembali. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya :

1. Overheat atau Panas Berlebih

Perangkat yang diforsir untuk bekerja terus menerus berpotensi tinggi mengalami overheat atau berada dalam suhu tinggi, umumnya ciri yang ditunjukkan adalah panas ketika disentuh dan digunakan.

Kondisi overheat yang dibiarkan dapat merusak komponen lain di dalam perangkat, sehingga meningkatkan risiko permasalahan kerusakan lebih serius salah satunya tidak menyala.

2. Usia Tua

Perangkat apapun yang usianya sudah tua pasti akan mengalami penurunan performa dan ketahanan komponen, tak terkecuali HP OPPO. Hal ini wajar terjadi, mengingat penggunaan smartphone jangka panjang dapat menurunkan kualitas komponen sehingga mengalami kerusakan.

3. Mengisi Saat Baterai Kosong

Tak sedikit pengguna ponsel yang keasyikan bermain tanpa melihat indikator baterai, bahkan dimainkan hingga baterai benar-benar habis (0%) lalu ponsel mati total dan sulit dihidupkan kembali. Hal ini jika dibiarkan terus menerus rupanya cukup berbahaya.

Baca Juga:

Pasalnya agar bisa melakukan pengisian daya secara optimal, paling tidak smartphone harus memiliki arus minimal 300 mkv serta tegangan sebesar 3,4 hingga 4 V. Sehingga jika diabaikan, nantinya dapat memicu permasalahan besar seperti sulit melakukan pengisian daya.

4. Baterai Rusak

Penggunaan ponsel yang asal-asalan seperti tetap digunakan ketika sedang dicas dapat berdampak pada kerusakan baterai. Kesehatan baterai pun menurun dan tidak akan berumur panjang, sehingga berakibat pada ponsel tidak dapat menyala serta tidak bisa dicas.

5. Terkena Air

Ponsel tidak menyala sama sekali juga bisa disebabkan oleh korsleting listrik seperti setelah terjatuh di dalam air. Korsleting akibat perangkat kemasukan air bisa merusak komponen di dalam ponsel, sehingga berdampak pada penurunan performa hingga mati total.

Solusi Mengatasi HP OPPO Mati Total

Solusi Mengatasi HP OPPO Mati Total

Berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan, diantaranya :

1. Soft Reset

Solusi pertama dan termudah adalah melakukan soft reset di ponsel OPPO milik Anda. Caranya adalah dengan menekan tombol power atau daya selama 15 hingga 20 detik, lalu tunggu beberapa saat apakah ponsel dapat menyala kembali atau tidak.

2. Hard Reset

Apabila soft reset tidak membuahkan hasil, cobalah untuk melakukan hard reset. Namun cara ini dapat menghapus keseluruhan data yang ada di ponsel OPPO Anda, sehingga ada baiknya untuk selalu melakukan back up data guna meminimalisir hal-hal tidak diinginkan seperti ini.

Cara hard reset adalah menekan tombol volume bawah dan tombol power atau daya secara bersama-sama, lalu tahan selama beberapa detik hingga nantinya terlihat menu recovery. Setelah masuk ke menu tersebut, klik pada opsi “wipe data atau factory reset”, lalu ikuti instruksi yang diminta.

3. Ganti Baterai

Jika kedua hal di atas tidak juga berhasil dilakukan, mungkin saja permasalahan datang dari baterai. Untuk itu cobalah mengganti baterai dengan yang baru.

Apabila ponsel OPPO Anda masih menggunakan baterai model lama, maka dapat diganti secara mandiri di rumah. Namun untuk model tanam, ada baiknya meminta bantuan tukang servis HP untuk menggantinya karena perlu dilakukan pembongkaran.

Cara Pencegahan Agar HP tetap Awet

Cara Pencegahan Agar HP tetap Awet

Agar tidak terulang kembali di kemudian hari, mulai saat ini lakukan cara pencegahan berikut :

  • Hindari menggunakan atau memainkan ponsel terlalu lama, untuk menghindari kondisi overheat.
  • Jangan memainkan ponsel ketika sedang diisi daya, ada baiknya diubah ke mode pesawat atau dinonaktifkan.
  • Hanya gunakan baterai serta charger original OPPO, guna mengurangi risiko kerusakan baterai.
  • Periksa kondisi ponsel secara berkala, tak hanya software namun juga Pastikan seluruh aplikasi serta sistem operasi berada dalam kondisi paling update.

Cara mengatasi HP OPPO tiba-tiba mati total rupanya sangat mudah dilakukan, mulai dari soft reset hingga ganti baterai. Namun cara tersebut berlaku bagi ponsel yang kondisinya masih bisa diselamatkan, sehingga bisa diatasi sendiri di rumah.

Namun jika solusi di atas tidak berhasil, ada baiknya segera bawa ke tukang servis HP terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Pasalnya mungkin terdapat kerusakan komponen yang menyebabkan perangkat tidak dapat menyala.

Tinggalkan komentar