3 Cara Mengatasi Lampu Standby TV Tidak Nyala Tanpa Servis

Biminasoft.com – Lampu standby TV tidak nyala menjadi salah satu masalah yang banyak mengganggu pengguna terutama saat ingin menikmati quality time bersama keluarga.

Untuk mengatasinya, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar solusi mengatasinya bisa cepat terselesaikan.

Apa yang Dimaksud dengan Mati Standby Pada TV?

Lampu Standby TV Tidak Nyala

Ada banyak jenis permasalahan yang biasanya terjadi pada TV. Hal ini tentu saja disebabkan oleh berbagai pemicu yang kemungkinan besar sulit diidentifikasikan oleh pemiliknya. Salah satunya adalah saat TV tiba-tiba mati di bagian lampu standby-nya.

Kondisi ini dicirikan dengan TV mati secara tiba-tiba dan tidak dapat dihidupkan kembali, kecuali jika Anda menekan tombol power pada remot maupun panel TV.

Biasanya, dalam keadaan ini, lampu indikator akan berkedip-kedip yang menunjukkan TV dalam keadaan hidup namun panel hitam.

Penyebab Lampu Standby TV Tidak Nyala

Ada beberapa hal yang bisa memicu terjadinya masalah pada lampu standby TV yang tidak menyala.

Kemungkinan besar pengguna tidak mengetahui mengenai penyebab-penyebab tersebut, sehingga bingung mengatasinya. Berikut ini informasi lengkap tentang hal tersebut!

1. Regulator Flyback Tidak Bekerja

Lampu Standby TV Tidak Nyala

Penyebab pertama lampu standby TV tidak nyala sebab regulator flyback tidak bekerja dengan normal seperti biasanya.

Hal ini terjadi karena bagian transistor horizontal tidak berfungsi atau mati. Hal lain yang bisa menjadi pemicunya yakni karena transistor regulator tidak mendapatkan sinyal dari osilator.

Info Terkait: Cara Mengatasi TV Tiba-Tiba Mati

Osilator ini didapatkan dari IC Prosesor sehingga menyebabkan flyback tidak bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, untuk mengidentifikasi bagian ini, Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika dibiarkan, kemungkinan besar TV tidak akan bisa dinyalakan lagi seperti biasanya.

2. Komponen Elco Bermasalah

Cara Mengatasi Lampu Standby TV Tidak Nyala

Penyebab lampu standby TV LED tidak nyala selanjutnya kemungkinan karena komponen elco bermasalah. Kondisi seperti ini sangat umum dan seringkali mengganggu pengguna saat hendak menyalakan TV sebab TV sudah pasti tidak menyala seperti biasanya.

Meskipun begitu, lampu indikator power masih hidup saat TV sudah dinyalakan. Jika tidak dimatikan secepat mungkin, tentu kondisi ini sangat berbahaya. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti komponen elco dengan yang baru dan original agar tidak terjadi kendala saat pemakaian.

3. Tegangan Drop

Lampu Standby TV Tidak Nyala

Penyebab selanjutnya dari lampu standby TV Polytron tidak nyala karena tegangan drop. Sebelum melakukan pengecekan pada tegangan, alangkah baiknya untuk memeriksa remot dan tombol switch pada TV. Jika memang tidak bisa atau tidak berfungsi, ini menandakan jika TV benar-benar rusak.

Baca Juga :

  1. Cara Mengembalikan Warna TV yang Hitam Putih
  2. Cara Mengembalikan Layar TV yang Membesar

Adapun yang dimaksud dengan switch di atas adalah tombol ch+ dan ch- yang berguna untuk menjalankan standby jika tidak ada remote.

Pemicu masalahnya yakni ada pada salah satu komponen yang short sehingga menyebabkan tegangan drop serta terdapat kerusakan di blok power supply.

Cara Memperbaiki Lampu Standby TV Tidak Nyala

Lampu Standby TV Tidak Nyala

Setelah mengetahui beberapa penyebab lampu standby pada TV tidak menyala, sekarang Anda juga perlu tahu mengenai cara memperbaikinya agar bisa menonton TV dengan normal kembali.

Untuk informasi secara lengkapnya, simak beberapa langkah di bawah ini dengan seksama!

  • Pertama, nyalakan TV menggunakan remote atau tombol power.
  • Jika dilihat tidak ada reaksi atau lampu indikator tidak menyala, segera matikan TV.
  • Kemudian, buka casing atau bagian belakang TV dengan hati-hati.
  • Pastikan juga semua aliran listrik sudah dicabut sebelum membuka casing.
  • Setelah itu, ukur tegangan bagian b+115 flyback, dan cek lainnya.
  • Selanjutnya, bila b+ drop, copot transistor horizontal.
  • Lalu, ukur kembali tegangannya.
  • Jika b+ normal saat sudah dicopot, periksa transistor horizontal lagi.
  • Umumnya akan menunjukkan short, jika iya masalah selesai.
  • Namun, beda halnya jika b+ masih drop, berarti permasalahan ada di power supply.

Perlu Anda ketahui, beberapa merk TV memiliki sistem kerja standby yang hampir sama yakni dipogram dari IC utama jika menggunakan IC tunggal. Untuk mengatasi masalah berkaitan dengan hal ini, carilah datasheet letak titik standby power. Namun, alangkah baiknya memperbaiki TV di teknisi.

TV Tidak Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Lampu Standby TV Tidak Nyala

TV tidak nyala tapi lampu power hidup juga menjadi salah satu kendala yang seringkali dialami oleh pengguna.

Tentunya hal ini sangat membuat panik, terutama bagi mereka yang tidak tahu seluk beluk mengenai alat-alat elektronik. Lalu, apa saja pemicu terjadinya masalah tersebut? Berikut ulasannya!

1. Terjadi Masalah di Bagian Elco

Elco berperan penting pada TV untuk membantu agar alat elektronik satu ini bisa menyala dengan baik.

Jika terjadi kesalahan atau error, kemungkinan besar TV tidak akan bisa menyala secara normal seperti biasanya. Masalah ini umumnya dikenal dengan nama lampu standby TV tidak nyala.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Anda bisa mendapatkannya melalui online store maupun offline store. Pastikan juga jika Elco yang dibeli compatible dengan televisi guna menghindari eror.

2. Kabel Longgar

Kabel listrik yang longgar juga menjadi masalah pada TV yang mati namun lampu power hidup. Sebelum menyalakan TV sebaiknya cek terlebih dahulu apakah sambungan sudah terpasang dengan baik serta tidak longgar. Ini juga membantu agar saluran listrik bisa dialirkan secara baik.

Selain itu, perhatikan juga aktivitas yang Anda atau anggota keluarga lakukan. Jika memindahkan TV dan kebetulan kabel ikut ketarik, ini bisa menyebabkan kondisinya menjadi longgar atau terlepas. Oleh karena itu, perlu terlebih dahulu mengecek bagian kabel listrik yang terhubung ke TV.

3. Tegangan Drop

Penyebab selanjutnya yakni karena adanya tegangan yang drop. Ini terjadi pada bagian regulator. Umumnya, hal tersebut dipicu sebab ada pada level tegangan tinggi sehingga mampu mengakibatkan regulator yang diterima menjadi kurang memadai.

Adapun akibatnya yakni bisa membuat TV tidak menyala namun lampu power tetap hidup. Jika hal ini terdeteksi menjadi penyebabnya, segera matikan TV untuk menghindari kondisi bahaya yang dapat berdampak kepada Anda.

Oleh karena itu, ambil tindakan secepat mungkin dalam mengatasinya.

Cara Mengatasi TV Tidak Nyala Lampu Power Hidup

Sama halnya dengan mengatasi lampu standby TV tidak nyala, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki kendala ini.

Oleh karena itu, agar hasilnya cepat dan tepat, lakukanlah langkah-langkah yang tertera di bawah ini dengan teliti. Berikut ini informasi secara lebih lengkapnya!

1. Melepaskan Seluruh Kabel

Cara pertama yang paling tepat untuk mengatasi lampu standby TV tidak nyala adalah dengan mencabut semua kabel yang terhubung ke TV.

Hal ini bertujuan untuk melindungi pengguna dari hal yang tidak diinginkan terutama saat lampu indikator power menyala namun TV tetap dalam keadaan mati.

Ini merupakan langkah awal yang harus Anda lakukan, yakni memastikan semua kabel yang terhubung ke TV dicabut.

Lakukan secara hati-hati dan perlahanan apalagi jika tegangan listrik cukup tinggi. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk melakukan pengecekan pada setiap komponen yang ada di TV.

2. Memeriksa Tegangan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan yakni dengan memeriksa tegangan. Lakukanlah pengukuran di bagian B+115 TV.

Kemudian, jika dilihat hasil pengukuran menunjukkan kondisi normal pada B+, maka lakukan pemeriksaan di bagian transistor horizontal untuk mengetahui kalau komponen ini bermasalah.

Namun, jika hasil pengukuran sebaliknya, lepaskanlah transistor horizontal, lalu lakukan pengukuran ulang.

Langkah-langkah ini bertujuan untuk mengetahui komponen yang menjadi pemicu munculnya masalah tersebut pada TV. Kalau masalah tidak teratasi, kemungkinan terjadi kerusakan pada power supply.

3. Membawa Ke Teknisi

Jika beberapa cara di atas tidak kunjung membuahkan hasil setelah Anda menerapkannya, mungkin sudah saatnya TV mendapatkan perbaikan dari pihak ahli.

Ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang lebih parah apalagi jika tidak mengetahui komponen-komponen di dalam TV.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kartu garansi untuk mengurangi biaya perbaikan.

Oleh karena itu, hubungi pihak teknisi yang sudah ahli dan berpengalaman di bidang alat elektronik, terutama TV agar dapat diperbaiki secepat mungkin sehingga TV bisa digunakan lagi.

Itu tadi informasi berkaitan dengan penyebab dan cara memperbaiki lampu standby TV tidak nyala yang bisa Anda jadikan sebagai solusi agar nantinya tidak kebingungan saat mengalami beberapa kendala di atas. Selain itu, antisipasi kerusakan dapat dilakukan sedini mungkin karena sudah tahu penyebabnya.

Tinggalkan komentar