4+ Cara Menggunakan Oppo Share untuk Mengirim Aplikasi, File, dll

Biminasoft.com – Bagi pengguna HP OPPO, mengirimkan file kini bisa dilakukan dengan lebih mudah karena adanya fitur OPPO Share. Fitur tersebut dapat memudahkan pengguna dalam mengirimkan aplikasi, lagu, video, dan file lainnya.

Penggunaan dari fiturnya tersebut juga tidak terlalu sulit sehingga para pengguna tidak akan menemukan kesulitan. Namun, hal yang perlu diketahui adalah tidak semua seri dari OPPO telah mempunyai fitur tersebut.

Lantas, untuk HP yang sudah dibekali fitur tersebut tentu wajib mengetahui bagaimana penggunaannya. Nah, apabila Anda belum mengetahui seperti apa caranya, simaklah pada ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu OPPO Share?

Apa Itu OPPO Share

OPPO Share merupakan teknologi berbagi data nirkabel yang membuat HP OPPO dapat saling berbagai gambar, video, musik, file, dan juga dokumen ke perangkat lainnya pada jarak tertentu tanpa harus terhubung jaringan internet atau kabel.

Fitur tersebut dapat memberikan banyak keuntungan saat Anda ingin berbagi file dalam event pesta, jamuan, presentasi, dan lain sebagainya. Kemudahan ini tentu menjadi wujud perhatian dari pihak OPPO kepada para customer setianya.

Fungsinya Apa Saja?

Secara umum, terdapat berbagai macam fungsi yang dimiliki dari fitur berbagi file OPPO. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan lengkap tentang fungsi dan kegunaan dari fitur tersebut.

1. Pengiriman File Lebih Cepat

Pertama, fiturnya ini dapat membagikan file secara lebih cepat karena menggunakan teknologi transfer data tanpa kabel. Jadi, Anda tidak perlu lama menunggu meskipun mengirimkan file dengan ukuran besar sekalipun.

2. Mendukung Transfer Massal

Selanjutnya, Anda bisa juga melakukan pengiriman file secara massal. Artinya, beberapa file sekaligus dapat dikirimkan ke perangkat lain hanya dalam sekali proses transfer saja.

Baca Juga:

3. Mendukung Transfer Aplikasi

Fungsi lain yang dimiliki pada fitur ini adalah bisa mengirimkan file aplikasi ke perangkat HP OPPO lain. Dengan kata lain, aplikasi tersebut dapat langsung digunakan ke perangkat tujuan tanpa harus download terlebih dahulu dari Google Play Store.

4. Video Dan Gambar Tidak Mengalami Kompresi

Kualitas pengiriman file berbentuk gambar dan juga video tidak akan mengalami proses kompresi. Jadi, saat proses transfer selesai, baik kualitas maupun ukurannya tetap sama seperti dari sumbernya.

5. Tidak Perlu Internet

Hal menarik lainnya adalah saat melakukan transfer, tidak diperlukan jaringan internet. Fungsi tersebut sangat bermanfaat ketika Anda ingin membagikan dokumen, foto, atau video di tempat yang susah sinyal.

Selain dari berbagai fungsi di atas, rupanya fitur dari OPPO ini juga terjamin keamanannya. Hal itu karena terdapat enkripsi supaya proses pengiriman dapat berjalan aman karena file yang terkirim hanya bisa diakses di perangkat tujuan saja.

Namun, perlu diperhatikan bahwa hal ini hanya dapat dilakukan pada perangkat HP yang sudah support saja. Untuk perangkat OPPO keluaran lama, mungkin ada beberapa yang belum mempunyai feature seperti itu.

Bagaimana Cara Menggunakan OPPO Share?

Bagaimana Cara Menggunakan OPPO Share

Setelah mengetahui pengertian dan fungsinya, berikutnya akan dijelaskan juga tentang bagaimana penggunaan dari fiturnya tersebut. Secara umum, pemakaiannya sangatlah mudah dan cepat karena tidak memerlukan trik khusus.

Selain itu, tidak diperlukan juga tambahan aplikasi ketiga untuk melakukannya. Nah, bagi Anda yang belum tahu tentang cara pemakaiannya, langsung saja simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, siapkan perangkat HP dan hidupkan seperti biasa.
  2. Setelah itu, buka tab bagian status dengan melakukan swipe layar dari atas ke bawa
  3. Pada bagian tab tersebut ada banyak pilihan seperti hotspot, Wi-Fi, Bluetooth, data seluler, air plane mode, dan lain-lain. Pilihlah menu share hijau.
  4. Lakukan hal yang sama pada perangkat HP tujuan pengiriman file-nya.
  5. Jika sudah, carilah gambar, video, atau musik yang ingin dikirimkan ke perangkat tujuan.
  6. Setelah kedua perangkat sudah terhubung lewat fitur share, akan ditampilkan pop up pemberitahuan.
  7. Pada perangkat tujuan, lakukan konfirmasi untuk menerima file.
  8. Lanjut, pilih “Terima” dan secara otomatis proses pengiriman akan segera dimulai.
  9. Umumnya, saat pengiriman akan diberikan passcode. Namun, jika tidak muncul maka lewati saja.
  10. Tunggu proses transfer sampai berhasil.
  11. Selesai

Kurang lebih seperti itulah cara untuk dapat menggunakan fitur transfer file dari OPPO tersebut. Secara sederhana, Anda tinggal menghubungkan feature share dari kedua perangkat dan kemudian melakukan proses transfernya.

Namun feature ini hanya bisa digunakan oleh sesama pengguna OPPO yang sudah support “share”. Jadi, untuk pengiriman ke merek lain seperti Samsung, Xiaomi, VIVO, dan lain sebagainya tidak bisa.

Mengikuti langkah dan cara menggunakan OPPO Share di atas tentu tidak terlalu rumit untuk dipahami. Selain itu, tidak diperlukan syarat-syarat tertentu seperti HP harus root, menginstal aplikasi tambahan dan lain sebagainya.

Kehadiran fitur seperti ini tentu dapat memudahkan para pemakai HP OPPO dalam berbagi file secara lebih cepat. Keamanan pengiriman juga sudah terjamin sehingga privasi dari setiap pengguna tetap terjaga selama melakukan transfer.

Tinggalkan komentar