Penyebab Sinyal K Vision Hilang dan Solusi Mengatasinya

Biminasoft.com – Ketika sedang menonton televisi, bisa saja tiba-tiba sinyal K Vision hilang. Hal tersebut dapat menyebabkan tayangan TV tidak optimal karena sulit untuk menampilkan suara beserta gambarnya.

Oleh sebab itu, usahakan memahami seperti apa cara untuk mengatasi masalah ini.

Sekilas tentang K Vision

sinyal k vision hilang

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang mengapa sinyal K Vision hilang, pahami dahulu tentang apa itu K Vision. Yakni sebuah perusahaan televisi satelit berbayar di tanah air yang ada di bawah naungan dari MNC Vision Networks Group.

Para pengguna K Vision saat ini sendiri telah tersebar hingga ke seluruh tanah air. Televisi ini tentu akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan TV berbayar pada umumnya yang sudah sering digunakan oleh masyarakat. Pasalnya, perusahaan ini tidak membebankan biaya langganan per bulan.

Nantinya Anda hanya perlu membayar biaya di awal kemudian pelanggan bisa menikmati televisi ini. Hal tersebut karena perangkat yang sudah dibeli akan menjadi pemilik penggunanya secara pribadi. Tidak hanya itu, proses berlangganannya pun tergolong mudah.

Apa yang Dimaksud Sinyal K Vision Hilang?

sinyal k vision hilang

K Vision yang kehilangan sinyal merupakan salah satu hal yang sudah sering terjadi. Tidak adanya sinyal tersebut berarti terdapat kondisi dimana gelombang satelit mengalami hambatan. Hal tersebut menyebabkan unit receiver tidak dapat memperoleh transmisi data dari satelit.

Apabila sinyal hilang, maka tentu saja dapat menyebabkan seluruh tayangan pada TV menjadi hilang. Baik itu dari segi gambarnya maupun suaranya. Tentu akan menjadikan kenyamanan menikmati tayangan televisi tidak diperoleh sama sekali.

Terlebih sinyal merupakan hal paling utama agar televisi mampu menayangkan gambar dan suaranya pada layar. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena masalah ini termasuk salah satu kondisi paling umum yang sudah sering terjadi. Tentu masih ada solusi untuk mengatasinya dengan langkah mudah dan praktis.

Kenapa Sinyal K Vision Hilang Semua

sinyal k vision hilang

Sebelum mengatasi hilangnya sinyal pada K Vision, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengapa hal ini dapat terjadi. Pasalnya, ada banyak hal yang menjadi alasan kenapa sinyal tersebut tiba-tiba menjadi hilang dan tidak dapat ditangkap. Berikut diantaranya:

1. Frekuensinya Sudah Berganti

Sebagian dari Anda mungkin masih kebingungan mengapa sinyal tiba-tiba hilang pada K Vision. Adapun alasan pertama yang bisa saja terjadi adalah frekuensi pada televisi sudah berubah atau berganti. Adanya perubahan tersebut menjadi penyebab mengapa sinyal hilang.

Terlebih pemerintah telah memutuskan kebijakan bahwa siaran TV analog kini dimigrasikan menuju siaran TV digital. Hal tersebut menyebabkan frekuensi beberapa saluran televisi di tanah air pun ikut berubah. Sebagai solusinya maka Anda perlu memindai ulang frekuensi tersebut.

2. Receiver Rusak

Tahukah Anda, bahwa pada televisi satelit itu terdapat beberapa komponen yang paling penting. Salah satunya yakni receiver. Perangkat ini berfungsi untuk menerima sinyal sehingga apabila mengalami kerusakan tentu akan menyebabkan penangkapan sinyal terganggu.

Jika kerusakannya sudah cukup parah maka Anda sebagai pemilik perlu segera menggantinya. Jika masih ragu maka tidak ada salahnya memanggil teknisi ahli untuk mengecek kerusakan pada receiver tersebut. Selain bagian ini, unit LNB yang mengalami kerusakan juga bisa menyebabkan sinyal menjadi tidak terdeteksi.

3. Putusnya Kabel pada Antena

Salah satu alasan kenapa sinyal tidak dapat tertangkap adalah kabel pada antena sudah putus. Masalah ini biasa terjadi sehingga receiver sulit dalam menerima sinyalnya. Umumnya karena pemasangan kabel menjadi kurang tepat atau terkena gigitan hewan seperti tikus di dalam rumah.

Bisa juga terjadi akibat kabel yang berserakan akibat dimainkan oleh anak-anak, kucing, atau lainnya. Padahal, kabel memiliki peran penting agar receiver mampu menangkap sinyal dari parabola. Itulah mengapa hal tersebut juga menjadi penyebab mengapa televisi tidak bisa menampilkan tayangannya.

4. Parabola Berubah Arah

Alasan lainnya yang menyebabkan sinyal hilang yakni posisi parabola sudah berubah. Hal ini karena parabola merupakan komponen paling vital dari televisi satelit. Perangkat tersebut berfungsi untuk menangkap sekaligus memantulkan sinyal menuju unit LNB.

Jika posisi parabolanya telah mengalami pergeseran tentu saja akan berubah arahnya. Itulah mengapa komponen ini mengalami kesulitan dalam menangkap sinyal. Pasalnya, perubahan posisi ini menyebabkan sinyal K Vision naik turun atau bahkan hilang sehingga siaran televisi bermasalah.

Cara Mengatasi Sinyal K Vision Hilang

Para pengguna K Vision tentunya sudah sering mengalami masalah hilangnya sinyal. Pastinya akan menjadi hal yang cukup mengganggu apabila tidak bisa mengatasinya sendiri. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena Anda bisa mencoba menyelesaikan masalah ini dengan beberapa cara berikut:

1. Lakukan Update Frekuensi

sinyal k vision hilang

Ketika K Vision kehilangan sinyalnya, maka salah satu solusi yang bisa Anda coba dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan update frekuensi. Caranya yaitu dengan melakukan penginputan pada receiver.

Setelah itu, jangan lupa pula untuk mengaktifkan fitur scan ulang siaran menggunakan remote yang sudah tersedia. Masalah ini sendiri memang cukup jarang terjadi sehingga ketika masih belum mengatasi masalah hilangnya sinyal pada K Vision maka jangan ragu untuk mencoba solusi berikutnya.

2. Ubah Posisi Parabola

Salah satu hal yang menjadi penyebab sinyal K Vision putus putus adalah parabola sudah bergeser dari posisi sebelumnya. Tentu saja hal tersebut menyebabkan masalah tersendiri sehingga tayangan televisi menjadi terganggu atau bahkan hilang total.

Oleh sebab itu, pastikan segera mengecek apakah terdapat pergeseran posisi dari parabola K Vision tersebut. Sebagai cara untuk mengatasi masalah ini pastikan posisi atau arah parabolanya sudah benar-benar tepat. Jika kesulitan maka tidak ada salahnya ketika meminta bantuan kepada teknisi untuk mengubahnya.

3. Tunggu Hingga Cuaca Bagus

Ketika sinyal hilang, hal tersebut bisa saja terjadi karena cuaca sedang buruk. Kemudian menyebabkan sinyal susah ditangkap sehingga tayangan televisi pun menjadi bermasalah. Cuaca buruk yang dimaksud ini pun cukup beragam seperti angin kencang yang disertai hujan deras dan sebagainya.

Untuk solusinya sendiri penting bagi Anda untuk bersabar dan menunggu sampai cuaca di sekitar rumah sudah membaik. Ketika cuacanya bagus, maka parabola akan semakin mudah dalam menerima sinyal. Oleh sebab itu, cukup menunggu saja sampai cuacanya benar-benar bagus dan cerah kembali.

4. Perhatikan Letak Antenanya

sinyal k vision hilang

Tidak banyak orang menyadari bahwa salah satu hal yang menyebabkan tayangan televisi K Vision bermasalah adalah karena letak antena parabolanya tidak sesuai. Seperti terhalang oleh pohon, bangunan, atau hal-hal lainnya sehingga kesulitan dalam menjangkau sinyal.

Peletakan yang salah hanya akan menjadikan bagian ini tidak mampu menangkap sinyal dengan baik dari satelit. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan dan mengecek apakah posisi antena ini ada yang menghalangi atau tidak. Jika iya, maka segera hindarkan hal-hal yang menghalangi tersebut.

5. Perhatikan Paket K Vision

Ketika Anda berlangganan paket K Vision, maka bisa saja penyebab sinyal hilang karena masa berlangganan ini sudah melewati batas waktu. Itulah mengapa penting untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu. Pastikan bahwa paket tersebut memang benar-benar masih dalam keadaan aktif.

Jika ternyata setelah pengecekan tidak aktif, tentu cara mengatasi masalah hilang sinyal ini sangat sederhana. Pengguna hanya perlu kembali berlangganan pada paket yang diinginkan. Tentu paketnya dapat aktif kembali sehingga tayangan televisi dapat kembali Anda nikmati.

6. Periksa Konektornya

Cara mengatasi sinyal K Vision hilang berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa konektornya. Pasalnya, penyebab paling umum kehilangan sinyal tersebut yakni karena konektornya dalam keadaan longgar. Itulah mengapa pengguna perlu mengeceknya dahulu.

Jika keadaannya benar-benar longgar pastinya ini menjadi penyebab utama mengapa K Vision tidak dapat memperoleh sinyal sama sekali. Anda bisa mengecek rangkaian kabel dan konektor antena yang tersambung kemudian pastikan tidak ada yang longgar agar sinyal bisa didapat kembali.

7. Lakukan Penggantian Unit LNB

Tahukah Anda apabila penggunaan unit LNB sudah memakan waktu cukup lama, maka tentu saja seluruh peralatan antena akan termakan umur. Hal ini menyebabkan bagian tersebut mengalami kerusakan karena sudah terlalu tua dalam memakainya. Terlebih bagian ini juga sering terkena perubahan cuaca.

Baik itu hujan maupun panas sehingga sebagai solusi terbaik, maka penting bagi Anda untuk melakukan penggantian pada unit tersebut. Pasalnya, LNB atau Low Noise Block bisa saja menjadi penyebab mengapa sinyal tidak bisa ditemukan oleh K Vision.

Sekarang Anda sudah memahami seperti apa cara mengatasi sinyal K Vision hilang. Tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan solusinya terlebih dahulu seperti di atas. Tujuannya supaya televisi dapat menayangkan gambar dan suaranya kembali seperti semula.

Tinggalkan komentar