8 Cara Mengatasi TV Tiba-Tiba Mati dengan Mudah dan Tepat

Biminasoft – TV tiba-tiba mati sendiri memang sangat membuat panik pengguna apalagi saat sedang menonton channel favorit bersama keluarga.

Apalagi sekarang sudah ada banyak sekali fitur yang tersedia di dalam TV sehingga membuat pengguna kebingungan dalam mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi TV Tiba-Tiba Mati Terbaru

Di bawah ini ada beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi TV yang tiba-tiba mati sendiri untuk membantu pengguna mengatasi masalah tersebut apalagi saat sedang menghabiskan waktu senggang bersama keluarga menonton channel kesukaan. Berikut ini informasi lengkapnya!

1. Terjadi Masalah Pada Transistor Horizontal

Cara Mengatasi TV Tiba-Tiba Mati

Penyebab pertama yang bisa membuat TV tiba-tiba mati adalah karena adanya masalah pada transistor horizontal.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Layar TV Membesar

Ini merupakan sebuah alat penguat yang berfungsi untuk memutus dan menyambung arus agar bisa menyalakan TV dengan mudah. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut lengkapnya mengatasi TV tiba-tiba mati!

  • Pertama, melakukan pemeriksaan fisik pada transistor.
  • Jika terlihat terbakar, maka lakukan penggantian secepat mungkin.
  • Atau jika transistor disentuh terasa panas, maka perlu diganti sebab sudah drop.

Jika penggantian ditunda, kemungkinan besar kerusakan pada TV akan semakin besar sehingga memakan biaya perbaikan TV lebih banyak nantinya.

Apalagi transistor ini merupakan komponen yang berperan penting dalam membantu kinerja TV agar bisa menampilkan gambar dengan resolusi bagus.

2. Tersambar Petir

TV Tiba-Tiba Mati

Petir memang menjadi musuh bagi alat-alat elektronik karena jika terkena sambarannya pasti beberapa alat tersebut mati, salah satunya yang sering terkena adalah TV.

Info Terkait:

  1. Cara Mengembalikan Warna TV yang Hitam Putih
  2. Cara Mengubah TV ke AV Tanpa Remote
  3. Cara Mengatasi Lampu Standby TV Tidak Nyala

Kalau hal ini menjadi penyebab TV tiba-tiba mati, maka Anda perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasinya!

  • Pertama, Anda harus mengganti Elco capacitor.
  • Biasanya bagian ini sudah melepuh karena arus listrik yang berasal dari petir.
  • Kedua, mengganti IC Transistor yang pecah karena naiknya tegangan listrik.
  • Ketiga, mengganti IC Memory EEPROM yang sudah mengalami error.

Sebelum melakukan beberapa langkah penggantian komponen di atas, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri TV yang mati karena tersambar petir, sebagai berikut:

  • TV tidak dapat dinyalakan atau mati total.
  • Casing TV terlihat terbuka di jalur grounding dan beberapa komponen terlihat hangus.
  • Beberapa komponen di jalur PCB fisiknya terlihat hangus.

Jika beberapa ciri-ciri di atas ada pada TV Anda, kemungkinan besar penggantian komponennya lebih banyak karena kerusakan yang disebabkan sudah cukup parah.

Oleh karena itu, guna meminimalisir adanya sambaran petir saat musim penghujan, alangkah baiknya untuk mencabut saluran TV sementara.

3. Tidak Memiliki Sambungan Listrik

TV Tiba-Tiba Mati

Sambungan listrik tentu menjadi sumber yang paling penting jika ingin menyalakan TV. Apabila tidak ada arus listrik ke TV, tentu alat elektronik ini tidak akan menyala. Kalau hal ini menjadi pemicunya, jangan panik terlebih dahulu, lakukan beberapa langkah mengatasi TV tiba-tiba mati di bawah ini secara runtut!

  • Pertama, periksa apakah pesawat TV terhubung arus listrik atau tidak.
  • Kedua, mengecek colokan kabel TV ke stop kontak.
  • Terkadang, colokan tersebut longgar, jadi Anda harus mengencangkannya.
  • Lihatlah lampu indikator pada TV apakah menyala atau tidak.
  • Jika masih mati, kemungkinan sedang ada pemadaman listrik di pusat.

Saat melakukan pengecekan arus listrik pada TV, alangkah baiknya untuk berhati-hati karena jika tidak hal tersebut bisa memicu bahaya yang pastinya akan sangat berbahaya bagi Anda maupun keluarga. Apalagi tegangan listrik pada TV cukup tinggi.

4. Proteksi TV Aktif

Penyebab selanjutnya mengapa TV tiba-tiba mati adalah karena menyalanya proteksi televisi. Ini merupakan sebuah rangkaian tindakan sistem yang ada di mesin TV yang berfungsi dalam mendeteksi kerusakan sedini mungkin.

Adapun ciri-ciri yang harus Anda lakukan jika ini menjadi penyebab utama TV tidak menyala, sebagai berikut:

  • TV bisa menyala secara normal.
  • Secara tiba-tiba mati sendiri selang beberapa menit.
  • Ini akan terjadi berulang-ulang hingga masalahnya diatasi dengan tepat.

Jika TV Anda memiliki ciri-ciri demikian, maka ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasinya, sebagai berikut:

  • Melakukan pengecekan pada serangkaian komponen yang ada.
  • Ini biasanya dilakukan oleh seorang ahli, karena pastinya mereka sudah mengetahui tata letak berbagai komponen di dalam TV dengan baik.
  • Kemudian, melakukan penggantian komponen di Elco dan blok IC Vertical.

5. Terjadi Kerusakan Pada Komponen Elco

TV Tiba-Tiba Mati

Penyebab TV tiba-tiba mati selanjutnya karena telah terjadi kerusakan pada komponen Elco. Komponen ini berfungsi untuk menyaring tegangan 12 volt di bagian IC utama. Jika ada kendala, tentu TV tidak akan bisa digunakan dengan normal. Oleh sebab itu, ketahui cara mengatasinya di bawah ini!

  • Pertama, buka casing TV.
  • Ini berguna untuk melakukan pemeriksaan fisik pada Elco.
  • Kemudian, lihat apakah bentuk Elco seperti terbakar atau tidak.
  • Jika terbakar atau berbentuk gelembung, lakukan penggantian.

Adapun hal yang perlu Anda perhatikan saat mengganti komponen Elco. Pastikan jika Elco yang baru dibeli memiliki ukuran, spesifikasi, serta seri yang sama agar lebih kompatibel atau sesuai. Dengan begitu, proses penggantian akan berjalan lancar tanpa timbulnya masalah baru nantinya.

6. Komponen Tidak Merekat dengan Baik

Komponen tidak merekat dengan baik pada TV juga menjadi salah satu pemicu TV mati secara tiba-tiba.

Hal ini terjadi karena adanya keretakan yang membuat komponen satu dengan lainnya tidak bisa utuh. Perekat setiap komponen sendiri berbentuk seperti lelehan timah yang sudah disolder.

Apabila lelehan tersebut sudah tidak mampu merekatkan komponen yang ada di dalam TV, tentu kinerjanya menjadi terganggu dan TV tidak bisa berjalan secara normal.

Berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi salah satu penyebab TV mati secara tiba-tiba ini!

  • Pertama, buka casing TV.
  • Lalu, lakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada komponen yang ada.
  • Setelah itu, periksa lelehan timah perekat.
  • Jika terjadi keretakan, segera lakukan perbaikan.
  • Caranya yakni dengan melakukan penyolderan ulang ke komponen tersebut.
  • Kemudian, lakukan pembersihan pada debu atau kotoran lain.
  • Lakukanlah hal tersebut secara hati-hati supaya tidak merusak komponen lainnya.

7. Kerusakan Pada Panel TV

Panel atau layar adalah bagian yang menampilkan gambar dan video dari sumber ke TV. Jika terjadi kerusakan maupun error pada bagian tersebut, tentu akan terjadi error saat hendak menampilkan video. Adapun ciri-ciri telah terjadi kerusakan pada bagian layar TV, sebagai berikut:

  • TV berubah menjadi hitam namun masih terdengar suaranya.
  • TV muncul garis-garis.
  • TV mati selang beberapa menit.
  • Dan lain sebagainya.

Jika hal ini terjadi, maka Anda harus segera melakukan penggantian atau pembongkaran komponen yang ada di dalam TV untuk memperbaiki kerusakan pada bagian layarnya.

Sekarang banyak ditemukan tutorial untuk mengatasinya guna membantu pengguna dalam memenuhi kebutuhan mereka.

8. Membawa  TV ke Teknisi

TV Tiba-Tiba Mati

Jika beberapa cara di atas tidak kunjung membuahkan hasil setelah Anda menerapkannya, mungkin langkah terakhir untuk memperbaiki kerusakan secara tiba-tiba pada TV adalah dengan membawanya ke teknisi. Para pekerja di tempat perbaikan pasti sudah berpengalaman dalam menangani hal ini.

Mereka juga tahu penyebab yang mungkin saja terjadi sehingga TV tiba-tiba mati. Dengan begitu, mereka bisa memperbaiki TV dengan lebih cepat serta membantu pengguna agar alat elektronik satu ini dapat digunakan lagi tanpa perlu menunggu waktu terlalu lama.

Kerusakan yang Sering Terjadi Pada TV

TV Tiba-Tiba Mati

Informasi selanjutnya yang harus Anda ketahui agar bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada TV adalah dengan mengetahui beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi. Pertama, eror layar yang menyebabkan gambar atau video tidak ditampilkan dengan baik, seperti buram, garis-garis, dan lain-lain.

Kedua, munculnya suara tetapi tidak ada gambar. Biasanya, hal ini disebabkan karena amplifier mengalami masalah. Ketiga, terputusnya jaringan Wi-Fi jika menggunakan TV LED. Jaringan ini berguna untuk mengakses berbagai channel dari seluruh dunia dengan lebih mudah.

Selain itu, kerusakan pada remote TV yang tidak berfungsi dengan baik. Masalah utamanya ada pada komponen remote yang sudah mengalami eror sehingga tidak bisa digunakan secara baik. Oleh karena itu, perlu menggantinya dengan yang baru.

Itu tadi informasi berkaitan dengan penyebab dan cara mengatasi TV tiba-tiba mati yang bisa pengguna jadikan sebagai solusi serta terapkan langkah-langkahnya untuk perbaikan. Sekarang, tidak perlu lagi panik jika mengalami beberapa hal di atas karena pastinya semua dapat diatasi dengan lebih mudah.

Tinggalkan komentar