3+ Cara Mengatasi Wipe Data Realme Minta Password Mudah Berhasil

Biminasoft.com – Dalam sistem ponsel biasanya ketika ingin melakukan pengaturan ulang pabrik ada beberapa hal harus Anda perhatikan.

Tidak sedikit pengguna HP Realme yang kesulitan ketika memasuki menu wipe data dalam proses hard reset. Kondisi di mana proses wipe data realme minta password sering terjadi, dan sebagai pengguna harus tahu cara mengatasinya.

Mengenal Wipe Data Realme

Wipe data atau reset pabrik merupakan proses di mana HP Realme melakukan pengembalian pengaturan.

HP akan kembali ke settingan atau pengaturan pabrik, dengan kata lain settingan akan kembali ke kondisi seperti pertama kali beli.

Pada saat melakukan proses wipde data ini terdapat beberapa langkah di mana pengguna harus memasukan password.

Pada saat lupa password tentunya pengguna akan kesulitan keluar dari kondisi ini. Sejatinya pemberitahuan wipe data realme minta password salah satu upaya sistem dalam mengamankan ponsel.

Aktivitas wipe data sendiri dapat membantu para pengguna mengatasi beberapa permasalahan. Akan tetapi tindakan ini akan membuat data di ponsel hilang karena settingan kembali seperti pertama kali membelinya.

Maka dari itu, penting bagi pengguna mengetahui dan mengingat password sebelum melakukan langkah ini.

Cara Melakukan Wipe data pada Realme

Mungkin terdapat beberapa pengguna yang masih asing dengan istilah wipe data. Melakukan aktivitas wipe data ini memang tidak bisa sembarangan.

Terdapat beberapa hal yang perlu pengguna perhatikan secara teliti. Berikut adalah cara melakukan wipe data secara tepat.

  • Pertama tama matikan ponsel Realme Anda
  • Pastikan sudah dalam kondisi mati sepenuhnya
  • Berikutnya tekan tombol Volume Down dan Power bersamaan
  • Selanjutnya silahkan pilih bahasa Inggris
  • Tab pilihan Wipe Data
  • Lalu pilih opsi Keep SMS, Contact, And Photo
  • Lakukan konfirmasi dengan menekan OK
  • HP secara otomatis akan memulai proses Wipe data
Wipe Data Realme Minta Password
  • Jika berhasil muncul pemberitahuan Wipe All Application Data Success
  • Reset biasa ponsel Realme
  • Maka HP sudah kembali ke settingan awal

Baca Juga: Cara Menghilangkan Mode Aman HP Realme

Cara Mengatasi Wipe Data Realme Minta Password yang Tepat

Wipe Data Realme Minta Password

Kendala dalam melakukan aktivitas wipe data merupakan hal yang sudah lumrah. Misalnya seperti permintaan kode verifikasi atau kondisi wipe data realme minta password.

Sejauh ini untuk cara resmi mengatasi permasalahan ini belum ada. Akan tetapi mungkin Anda bisa mengikuti cara atau trik berikut.

1. Masuk ke Recovery Mode

Cara Mengatasi Wipe Data Realme Minta Password

Trik atau cara pertama yang mungkin bisa Anda gunakan dalam mengatasi permasalahan Wipe data minta password adalah masuk ke mode Recovery.

Fitur ini hadir untuk mengatasi beberapa permasalahan termasuk permintaan password saat wipe data pengguna proses.

Info Lainnya: Cara Cek AnTuTu Realme 3

Caranya cukup mudah yaitu dengan membuka menu recovery mode lalu pilih opsi wipe data. Cobalah sampai durasi 3 sampai 4 kali.

Secara otomatis akan muncul kode verifikasi pada beberapa ponsel yang mengalami error. Hal ini memungkinkan Anda lolos dari permintaan password saat wipe data.

2. Melakukan Flashing

Apabila metode pertama tidak berhasil Anda dapat melakukan trik flashing. Secara garis besar Flashing merupakan sebuah proses memperbaharui sistem operasi di ponsel.

Banyak pengguna meyakini jika cara ini dapat mengatasi banyak permasalahan salah satunnya wipe data realme minta password lockscreen.

Proses flashing ini terbilang cukup rumit dan harus melalui beberapa langkah. Apabila ragu melakukannya, Anda dapat mencari layanan flashing.

Beberapa teknisi ponsel dapat melakukan aktivita flasing ini dengan cepat dan tepat.

Mengatasi Minta Password pada Saat Wipe Data Lainnya di HP Realme

Wipe Data Realme Minta Password

Permasalahan wipe data minta password ini memang cukup serius. Salah satu solusi yang dapat pengguna lakukan untuk mengatasi wipe data realme minta password adalah dengan reset factory.

Melakukan reset factory bukan perkara mudah dan harus Anda lakukan sesuai prosedur berikut langkah langkahnya.

1. Melakukan Factory Reset Realme Terlebih Dahulu

Reset factory merupakan aktivitas yang cukup penting terutama ketika ponsel realme mengalami beberapa permasalahan.

Akan tetapi, proses reset factory ini perlu pengguna dilakukan secara hati hati agar langkahnya benar, berikut tahapan tahapannya.

  • Pertama tama matikan dulu perangkat Anda
  • Caranya tekan tombol volume dan daya secara bersamaan
  • Tunggu sampai logo realme terlihat
  • Jika sudah akan terlihat menu mode recovery
  • Lalu tekan tombol volume untuk menuju opsi wipe data atau factory reset
  • Tekan tombol daya untuk memilihnya
  • Untuk memilih yes silahkan tekan tombol volume
  • Berikutnya konfirmasi dengan menekan tombol daya
  • Proses reset factory pun akan berjalan
  • Setelah selesai, silahkan tekan opsi reboot System Now
  • Kemudian tekan tombol daya untuk memuat ulang perangkat
  • Proses pun selesai

2. Menghadapi Factory Reset Minta Password

Apabila dalam langkah pertama Anda mengalami permasalahan minta password, terdapat beberapa tindakan bisa pengguna ambil.

Biasanya hal ini terjadi lantaran sudah ada pengaturan kata sandi atau pola pada penguncian layar. Berikut cara menghadapi wipe data realme minta password.

  • Tekan forgot pattern atau forget Pin
  • Kemudian ikuti petunjuk untuk masuk ke Google Akun
  • Lalu masukan alamat email pemulihan
  • Bisa juga menggunakan nomor HP pemulihan
  • Berikutnya tinggal ikuti instruksi
  • Setel ulang kata sandi layar Anda
  • Maka proses minta password dapat teratasi

Memahami Perbedaan Wipe data dan Factory Reset

Dari penjelasan di atas tadi, mungkin beberapa dari pengguna belum memahami secara detail mengenai perbedaan dari Wipe data dan Factory reset.

Keduanya merupakan proses atau tindakan agar perangkat ponsel bisa kembali ke pengaturan awal. Terdapat beberapa kondisi di mana seseorang memerlukan ponsel kembali ke settingan awal.

Wipe data adalah proses untuk mengatur ulang kembali data data yang ada di perangkat mulai dari penyimpanan internal sampai dengan eksternal.

Aktivitas ini secara otomatis akan menghapus semua data yang ada di perangkat Anda. Data data penting juga bisa saja hilang jika tidak berhati hati melakukannya.

Sedangkan Factory reset merupakan proses yang lebih luas dalam mengatur ulang kembali settingan Hp atau perangkat.

Tidak hanya data yang akan terhapus melainkan juga aplikasi di sebuah perangkat. Untuk itulah pada saat melakukan reset factory ini tidak boleh sembarangan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Wipe data

Wipe Data Realme Minta Password

Seperti penjelasan di awal paragraf tadi, aktivitas wipe data ini akan membuat beberapa data di ponsel akan hilang.

Belum lagi Anda harus menghadapi beberapa kondisi seperti wipe data realme minta password. Berikut beberapa hal perlu pengguna perhatikan sebelum melakukan aktivitas wipe data.

1. Backup Chat dari Aplikasi Perpesanan

Aplikasi perpesanan seperti WA, Telegram, SMS dan lain sebagainya merupakan aplikasi penting di Smartphone.

Percakapan berupa chat terkadang mengandung pesan pesan penting yang sebagiannya perlu pengguna backup atau simpan. Sebelum melakukan aktivitas wipe data pastikan sudah membackupnya

Selain aplikasi chatting, alangkah baiknya Anda juga membackup SMS serta kontak telepon. Sekarang pengguna ponsel seperti Realme sudah memiliki layanan sinkronisasi data ke penyimpanan online.

Untuk melakukan backup data cukup masuk atau login ke akun layanan penyimpanan online seperti Google drive dan sejenisnya.

2. Backup Data Aplikasi Penting

Sebelum melakukan Wipe data, penting juga bagi Anda untuk melakukan penyortiran aplikasi. Sebagai pengguna Android tentunya mengunduh aplikasi di Google play store seperti aplikasi keuangan, pembelajaran, dan lainnya sudah merupakan hal biasa.

Terdapat beberapa aplikasi penting harus pengguna perhatikan pada saat ingin melakukan wipe data. Misalnya seperti aplikasi keuangan, pastikan membackup data username dan passwordnya.

Mengatasi permasalahan wipe data realme minta password menjadi lebih mudah jika data sudah pengguna backup.

3. Backup File Foto, Musik, Video, dan Media Penting Lainnya

Selain histori dan data chat maupun aplikasi, pengguna juga harus memperhatikan backup file seperti music, video, foto serta media penting lainnya. Di era modern seperti saat ini, tidak sedikit pengguna yang menyimpan banyak sekali file file jenis tadi.

Apabila melakukan aktivitas wipe data, kemungkinan besar file tersebut akan hilang. Untungnya sekarang ada media penyimpanan online seperti Cloud Storage, Google Drive, Dropbox, MediaFire dan lainnya bisa Anda manfaatkan.

Layanan tadi dapat membantu pengguna menyimpan dan membackup file secara online. Demikian informasi mengenai cara mengatasi wipe data realme minta password dan beberapa penting yang berkaitan.

Sebagai pengguna ponsel Realme, memahami hal hal seperti ini sangatlah penting. Apalagi jika ponsel mengalami beberapa permasalahan ketika beroperasi.

Tinggalkan komentar